Dari 80 Tempat Kos, Hamka: Baru 20 yang Bayar Pajak

0
338

Dari 80 Tempat Kos, Hamka: Baru 20 yang Bayar Pajak Kotamobagu

ZONA KOTAMOBAGU –  Penerapan Peraturan Daerah (Perda) terkait pajak perhotelan yang mengakomodir tempat kos untuk membayar pajak sebesar 10 persen berdampak positif terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD). Padahal, dari 80 tempat kos yang terdata oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu, baru 20-an yang membayar pajak.

“Setelah diketuk pada Agustus lalu, kita lakukan sosialisasi soal Perda Perhotelan ini kepada seluruh pelaku perhotelan dan tempat kos. Dan Alhamdulillah, sosialisasi kita nilai berhasil dikarenakan sudah banyak tempat kos yang membayar pajak,” kata Kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Pemkot, melalui Kepala Bidang Pendapatan, Hamka Daun.

Untuk nominal pajak terbayar di tiap kos pun bervariasi, “Perlu diacungi jempol. Ada yang mencapai lima ratusan ribu hingga tujuh ratusan ribu rupiah. Saya mengapresiasi para pemilik tempat kos yang secara sadar membayar sesuai dengan pendapatan masing-masing,” tambah Hamka.

Lebih lanjut Hamka meminta agar pemilik kos yang belum menuntaskan kewajibannya agar segera melunasi. Karena, sesuai dengan sosialisasi yang disampaikan akan ada sanksi tegas berupa penutupan usaha atau tempat kos bagi yang mangkir.

“Sanksinya hampir sama dengan perhotelan. Kalau tidak kooperatif, kita peringatkan dulu lewat SP1, SP2, SP3 dan penutupan tempat usaha. Kita tidak ingin hal itu terjadi. Oleh karena itu, kita harapkan bagi para pemilik kos untuk menuntaskan kewajibannya,” imbaunya.

Reporter: Gito Mokoagow

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here