Dekranasda Inventarisir Produk Kerajinan Tangan di Desa dan Kelurahan

0
8
Dekranasda Inventarisir Produk Kerajinan Tangan di Desa dan Kelurahan Headline Kotamobagu
Ketua Dekranasda Kotamobagu, Anki Taurina Mokoginta, saat mengunjungi pengrajin sapu ijuk di Desa Sia’.

ZONA KOTAMOBAGU – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) menginventarisir kerajinan dan keterampilan di tiap desa dan kelurahan. Senin (10/2) lalu, Dekranasda turun ke Desa Sia’ mendata sekaligus mengecek langsung aktivitas pembuatan sapu ijuk di desa tersebut.

“Kunjungan ini kita lakukan untuk melihat langsung proses pembuatan sapu ijuk dan sabut kelapa ini seperti apa. Ini penting agar bisa kita ketahui apa saja kerajinan yang ada untuk kemudian ditindaklanjuti sampai proses pemasarannya,” kata Kepala Dekranasda Anki Taurina Mokoginta melalui Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Humas) Novarita Damopolii.

Dari kunjungan ke Desa Sia’ itu, ia mengungkapkan pihaknya melihat secara langsung proses pembuatan sapu berbahan dasar ijuk dan serabut kelapa yang masih dilakukan secara tradisional. “Tapi kualitasnya juga sangat baik. Ini terbukti masih banyaknya peminat sapu ijuk maupun serabut kelapa sekarang ini,” ungkapnya.

Sapu ijuk dan serabut kelapa hasil kerajinan tangan warga Desa Sia’ akan dipromosikan Dekranasda KK pada berbagai even pameran, baik di tingkat provinsi maupun tingkat nasional. “Bukan hanya sapu ijuk di Desa Sia’, tapi semua hasil kerajinan tangan yang ada di desa dan kelurahan akan kita inventarisir, kemudian dibantu proses pemasarannya. Kita rencana akan membuat website Dekranasda KK. Semua hasil kerajinan tangan akan kita tampilkan di website itu,” ujarnya. (gjm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here