Dermaga BM Cabang Gorontalo Tolak “Money Politic”

0
233

Dermaga BM Cabang Gorontalo Tolak "Money Politic" Kotamobagu

ZONA BOLMONG – Hajatan Pemilu Kepala Daerah (Pikada) yang tinggal menghitung hari, disikapi serius oleh Dewan Pelajar Mahasiwa Dumoga Bolaang Mongondow (Dermaga BM) Cabang Kota Gorontalo. Ajakan berpartisipasi dalam Pilkada dengan tertib dan beradab serta menolak Money Politic, giat dilakukan Dermaga BM.

“Kami berharap agar hak suara digunakan sebaik mungkin berdasarkan pada pilihan hati nurani. Jangan semata berdasarkan berapa besar uang yang disodorkan oleh masing-masing kandidat. Say no to money politic,” kata Ketua Satuan Pengader, Rudini Radiman mewakili Dermaga BM, saat diwawancarai zonabmr.com via selular, Sabtu (05/12) malam.

Pihaknya meminta warga BMR belajar dan mengambil hikmah dari sosok politisi Elnino Husain. Politisi asal Gorontalo itu semenjak terpilih duduk di kursi legislatif, mampu meyakinkan dan membuktikan diri dengan pengabdian kepada Masyarakat tanpa melakukan politik uang.

“Sayangnya kata-kata ‘ada doi ada suara’ menjadi hal lumrah setiap ajang pemilu di BMR. Itu mengindikasikan bahwa masyarakat tidak mementingkan lagi figur pemimpin yang cerdas, jujur dan bertanggung jawab, tetapi yang terpenting adalah uangnya,” sesal Rudini.

Masih kata Rudini, Dermaga BM merasa sudah saatnya masyarakat BMR keluar dari kesenangan sesaat dengan rayuan romantis politik dan harapan palsu yang disampaikan kandidat saat kampanye.  Manisnya hanya sesaat, tetapi pahit dan sakit penderitaan akan terasa selama bertahun-tahun, bahkan terus menjalar sampai ke anak cucu.

Pihaknya berharap, sebelum hal tersebut menjadi kronis, harus dilakukan tindakan pencegahan melalui pendidikan politik kepada masyarakat secara intensif. Karena masyakarat yang cerdas dan dewasa tidak gampang terprovokasi dengan perbedaan pilihan yang  menimbulkan konflik hingga merusak tata masyarakat, serta mencederai nilai-nilai demokrasi.

Dermaga BM lanjut mengajak masyarakat agar memaknai demokrasi sebagai konstribusi semua pihak dalam memajukan daerah. Jadikan politik sebagai sarana kemanusiaan karena hal yang terpenting dalam politik adalah kemanusiaan. “Memang benar materi, harta dan jabatan itu penting, tetapi yang lebih penting dari itu adalah harga diri kita sebagai manusia. Ini adalah pernyataan sikap Dermaga BM, ‘Say no to money politic’,” tegas Rudini.

Reporter: Iswahyudi Masloman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here