Desa Bilalang I Miliki Tiga Potensi Wisata Alam

Desa Bilalang I Miliki Tiga Potensi Wisata Alam Kotamobagu
Agung Adati

ZONA KOTAMOBAGU – Desa Bilalang I, Kecamatan Kotamobagu Utara, memiliki beragama objek wisata alam yang menjanjikan. Data di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud), ada tiga objek wisata di desa tersebut yakni; Air Panas Malelang, Kawasan Batu Putih Malelang dan Air Batu Putih. Ketiga objek wisata tersebut sudah didata dan masuk dalam Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Daerah (Ripparda).

Sekretaris Desa (Sekdes) Bilalang I, Hartono Mamonto, mengatakan pengembangan semua objek wisata itu sudah masuk perencanaan, namun akan dilaksanakan secara bertahap. “Yang pertama akan dikembangkan adalah wisata batu putih. Sudah beberapa kali Dinas Pariwisata datang ke situ,” katanya.

Ia mengakui, lokasi wisata kawasan batu putih hanya berjarak sekira 1,5 kilo meter dari pemukiman warga. Setiap pengunjung katanya bisa ke tempat itu dengan menggunakan kendaraan roda dua. “Kita minta dukungan dari pemerintah daerah untuk mengembangkannya, karena itu butuh anggaran yang cukup besar terutama untuk pembukaan akses jalan masuk,” ujarnya.

Kepala Dinas Disparbud, Agung Adati, mengungkapkan pihaknya sudah menginventarisir sseua potensi wisata baik alam, buatan, budaya dan religi yang ada di semua desa dan kelurahan. “Semua sudah kita data, termasuk yang ada di Desa Bilalang I. Itu juga masuk dalam rencana pengembangan,” ungkap Agung.

Disisi lain, mantan Kepala Dinas Kominfo itu mendorong pemerintah desa untuk mengembangkan potensi pariwisata yang ada di wilayah masing-masing dengan menggunakan Alokasi Dana Desa (ADD) ataupun Dana Desa (Dandes). “Kalau potensi wisata yang ada di tiap desa dikembangkan, maka itu bisa menjadi salah satu sumber pendapatan desa,” tambahnya. (ads/trz)

 

Leave a Response