Desember Ini, Disdukcapil Targetkan Penerbitan e-KTP Maksimal

0
320
Desember Ini, Disdukcapil Targetkan Penerbitan e-KTP Maksimal Boltim
Rusmin Mokoagow

ZONA BOLTIM – Pencapaian target penerbitan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) bergantung pada data desa oleh 80 Sangadi (Kepala desa,red) di Boltim.

Hal itu sebagaimana pernyataan yang disampaikan Kepala dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil), Rusmin Mokoagow. “Kami sudah pernah koordinasikan dengan para sangadi untuk sekiranya bisa melakukan pemograman atau kelengkapan pendataan bagi warga di desa masing-masing,” ujarnya.

Dikatakannya, untuk wajib KTP di Boltim yang terdata di Dukcapil sekitar 49,607 dari total jumlah 72,662 jiwa. Pendataan dan pelayanan KTP tersebut juga melalui mobile atau pelayanan keliling.

“Pelayanan itu dinilai maksimal karena masuk atau terjangkau hingga ke desa terpencil dengan tujuan untuk mempermudah warga mengurus KTP mereka dan mengurangi biaya transportasi jarak, contohnya di Desa Jiko Blanga Kecamatan Nuangan,” ungkap Rusmin.

Data sementara yang ada untuk pemegang e-KTP sudah ada sekitar 82% dengan upaya Disdukcapil terus melakukan perekaman. “Deadline (batas waktu) pembuatan e-KTP itu sampai akhir tahun 2015 atau bulan Desember nanti. Minimal bisa mencapai 90% hingga 100%,” tandasnya.

Reporter: Rahman Igirisa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here