Deteksi Dini Bencana Alam, ini Langkah BPBD Boltim

0
104
Deteksi Dini Bencana Alam, ini Langkah BPBD Boltim Boltim Headline
Sekretaris BPBD Boltim, Fitra Damopolii.

ZONA BOLTIM – Guna mengantisipasi potensi bencana alam yang datang secara tiba-tiba, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bolaang Mongondow timur (Boltim) akan melakukan kajian terhadap titik rawan bencana yang ada di sejumlah wilayah di boltim.

Sekretaris BPBD Boltim, Fitra Damopolii mengatakan, adapun tujuan pengkajian ini agar BPBD bisa mengidentifikasi dan melakukan penanggulangan bencana secara dini.

“Konsentrasi bencana untuk daerah boltim ada dua, yakni; bencana longsor dan banjir sehingga penting untuk di lakukan kajian terkait dengan deteksi dini bencana,” katanya.

Lanjutnya, Bukan berarti bencana lain tidak berpotensi, namun longsor dan banjir yang paling sering terjadi di daerah kita. Apalagi melihat intensitas curah hujan yang tinggi saat ini, potensi bencana alam bisa saja terjadi di wilayah rawan bencana.

Namun, kata mantan Sekretaris Dinas Kominfo ini, langkah itu masih perlu direncanakan secara matang agar hasilnya nanti tepat sasaran.

“Kita akan melakukan rapat koordinasi dengan bagian yang terkait dengan BPBD terlebih dahulu, dan tentunya termasuk membahas anggaranya. Ini kita akan lakukan pada tahun anggaran 2022 nanti,” ujarnya.

Ia juga mengingatkan kepada masyarakat yang tinggal di wilayah rawan bencana untuk selalu waspada pada saat kondisi cuaca buruk. (*/guf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here