Home BMR Bolmut Detik – Detik Proklamasi dan Pengibaran Bendera di Pulau Bongkil

Detik – Detik Proklamasi dan Pengibaran Bendera di Pulau Bongkil

0
120

Detik - Detik Proklamasi dan Pengibaran Bendera di Pulau Bongkil Bolmut Headline  ZONA BOLMUT — Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) menggelar upacara peringatan detik-detik proklamasi 17 Agustus 2020 di Pulau Bongkil, Kecamatan Pinogaluman, Kabupaten Bolmut.

Kegiatan yang diikuti oleh 8 Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) dan Komunitas ini berlangsung hikmat. Diantara yang ikut dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh PWI Bolmut yakni, KNPI Bolmut, FPTI Bolmut, Genpi, WCD, Lolakoa Adventure, MTMR, Ikatan Boulo Vuyu dan Biker Sunnah.

“Kami berangkat dari Pelabuhan Boroko dengan 5 kapal sejak Minggu, 16 Agustus 2020. Kemudian bermalam di Pulau Bongkil untuk agenda diskusi. Paginya pukul 10.00 wita dilaksanakan upacara bendera”, terang Chandriawan Datuela, selaku Ketua Panitia kegiatan

Tambahnya, prosedur tetap pencegahan Covid-19 diterapkan selama alur kegiatan. Diantaranya peserta wajib dicek suhu tubuhnya sebelum berangkat menggunakan Thermogun, dan memakai masker selama di lokasi kegiatan.

Bertindak Selaku Inspektur Upacara, Satrin Lasama dalam amanatnya mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk ucapan syukur dan penghormatan terhadap para pejuang dan pahlawan kemerdekaan Republik Indonesia, Perjuangan mereka akan selalu kita kenang dan pengorbanan nyawa mereka tidak akan pernah pudar dari ingatan bangsa ini.

“Meski berada di salah satu Pulau Terluar di Provinsi Sulawesi Utara, marilah kita merayakan hari kemerdekaan ini dengan semangat para pahlawan kita. Marilah membiasakan diri untuk menjadi pribadi yang merdeka. Jangan pula kita menjadi penjajah-penjajah modern yang menindas bangsanya sendiri” Ujar Lasama yang juga sebagai penasehat PWI Bolmut.

Tidak lupa Satrin mengucapkan terima kasih dan rasa bangga untuk seluruh panitia perayaan 17 Agustus 2020 di Pulau Bongkil ini. Berkat kerja keras dan dedikasi semua pihak, sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik.

“Saya juga mengapresiasi antusiasme kawan-kawan terutama dari PWI Kabupaten Bolmut sebagai pemrakarsa kegiatan yang didukung oleh segenap organisasi yang tergabung dalam komunitas, Boulo Vuyu, Genpi, Lolakoa Adventure, MTMR, WCD Bolmut, Biker Sunnah, FPTI Bolmut dan KNPI Bolmut dalam mengikuti setiap kegiatan yang telah sama-sama kita lalui sejak kemarin sampai hari ini. Semoga kegiatan ini dapat memberikan kesan yang baik bagi seluruh elemen organosasi yang terlibat “ Ujarnya

Adapun bertindak sebagai Pemimpin Upacara adalah Ketua PWI Bolmut Ramly Padju, dan Sekretaris PWI Ramdan Buhang sebagai pembaca detik-detik proklamasi.

Diketahui, Sehari sebelum pengibaran bendera Merah Putih, PWI Bolmut dan 8 OKP lainnya melaksanakan kegiatan pembersihan ampah di pulau tersebut pada sore hari serta kegiatan diskusi Nasionalisme dan Kepariwisataan diselingi dengan pembacaan puisi pada malam hari. (Rendi)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here