Diduga Lakukan Pungli Ijazah Paket C, Diknas Bolmong Diadukan ke DPRD

1
581

Diduga Lakukan Pungli Ijazah Paket C, Diknas Bolmong Diadukan ke DPRD Bolmong
ZONA BOLMONG – Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Bolmong diduga melakukan pungutan liar (pungli) terkait pengurursan ijazah paket C. Adalah Hady Jaya Mokodongan, warga Passi Barat, mengaku menjadi  korban pengurusan ijazah paket C yang ujiannya dilaksanakan Juni 2013 lalu. Dirinya pun melaporkan masalah itu ke Komisi III DPRD Bolmong,

Dari 30 peserta yang ikut ujian, hanya Hady yang dinyatakan tidak lulus. Mengetahui Hady tidak lulus ujian, oknum PNS Diknas menawarkan supaya bisa memperoleh ijazah paket C meski tak lulus ujian, Hady diminta menyetor Rp5 Juta.

“Karena tak punya uang sebanyak itu, keluarga Hady menawar hingga Rp2 Juta, tapi oknum tersebut  menolak tawaran mereka,” Kata Wakil Ketua Komisi III Sutarsih Mokodompit.

Sebelumnya, Sutarsih telah menanyakan persoalan itu ke Sekretaris Diknas, Elya Takarianta, saat rapat dengar pendapat lalu. Namun, pihaknya tidak puas dengan jawaban Diknas, “Dikatakan itu wewenangnya Kepala Diknas, Ia (Takaria.red) mengaku tidak bisa menjelaskannya,’’ ujar Sutarsih.

Senin pekan depan, Komisi III kembali mengagendakan rapat dengar pendapat (RDP)  dengan Diknas Bolmong. “Rapat pekan depan wajib dihadiri Kepala Diknas,” katanya.

Peliput: Wiradi Gilalom

1 KOMENTAR

  1. Pendaftaran ikut paket C ada yg minta biaya 1,5 juta sampai dengan 2,5 juta. Sebenarnya anggaran yg jelas itu berapa sih. Coba dari pemerintah itu sosialisasikan ke masyarakat anggaran sebenarnya berapa. Supaya masyarakat tahu, jangan paket C ini hanya di jadikan mata pencarian terhadap oknum2 yg tidak bertanggung jawab.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here