Dihadiri Kepala DPMPTSP Kotamobagu, Ini yang Ditekankan Presiden Saat Rakornas Investasi

0
161
Dihadiri Kepala DPMPTSP Kotamobagu, Ini yang Ditekankan Presiden Saat Rakornas Investasi Headline Kotamobagu
Noval Manoppo.

ZONA KOTAMOBAGU – Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Kotamobagu, Noval Manoppo, menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Investasi Tahun 2020, di Balroom The Ritz Carlrton Hotel, Jakarta, yang dilaksanakan selama dua hari, mulai Rabu (19/2) sampai Kamis (20/2).

Menurutnya, pada hari pertama rakor tersebut, membahas terkait permasalahan-permasalahan investasi diseluruh Kabupaten dan Kota di Indonesia.
“Selain membahas soal permasalahan investasi, juga membahas mengenai sinkronisasi data perizinan dan investasi di seluruh Kabupaten dan Kota di Indonesia,” kata Noval.

Lanjutnya, di hari kedua Presiden Joko Widodo hadir pada kegiatan itu. “Pak presiden menyampaikan beberapa poin penting yakni, jangan menghambat investasi swasta. Sebab itu sangat penting dan berperan bagi pengurangan pengangguran,” sebutnya.

Kemudian lanjut Noval, Presiden juga meminta kepada seluruh pemerintah provinsi dan kabupaten/kota untuk wajib mendelegasikan kewenangan penertiban izin kepada Kepala Dinas PMPTSP di daerah masing-masing.

“Pak presiden meminta seluruh kepala daerah untuk melihat dan memeriksa apakah ada investasi yang mandek (terhenti) di daerah masing-masing. Kalau ada, segera diselesaikan dan dikeluarkan izinnya,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, presiden juga menekankan kepada investor untuk wajib bekerjasama dengan UMKM di daerah dan merekrut tenaga kerja lokal.

“Presiden menginstruksikan kepada pemerintah daerah untuk melakukan pelayanan sebaik-baiknya. Bukan hanya persoalan perizinan, tapi melayani secara keseluruhan. Sebab kata pak presiden, tahun depan akan dialokasikan Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk dinas PMPTSP kabupaten/kota,” pungkasnya. (gjm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here