Diikuti 34 Peserta, Lomba IGA Kotamobagu Resmi Digulir

0
94

Diikuti 34 Peserta, Lomba IGA Kotamobagu Resmi Digulir Kotamobagu

ZONA KOTAMOBAGU– Inovative Government Award (IGA) Kota Kotamobagu tahun 2022, resmi digulir. Lomba khusus inovasi daerah ini, dibuka langsung Wali Kota Kotamobagu Ir Tatong Bara, Selasa (17/5).

Lewat sambutan, Tatong menyampaikan bahwa salah satu cara untuk mengembangkan konsep good governance adalah dengan meningkatkan kreativitas dan inovasi. Untuk itu Pemkot Kotamobagu mendorong setiap perangkat daerah dan masyarakat untuk melakukan inovasi.

“Pengembangan inovasi merupakan hal yang penting dan penentu keberhasilan daerah menuju revolusi industri empat titik nol. Dalam hal ini, pengembangan dan pendayagunaan ilmu pengetahuan, teknologi dan inovasi yang ditujukan untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera dan sebagai langkah cepat meraih visi dan misi Kota Kotamobagu,” ungkapnya.

Masih kata Tatong, pembangunan di daerah akan bermanfaat apabila mampu mengakses dan mendayagunakan ilmu pengetahuan, teknologi dan inovasi secara tepat dan terjangkau. Olehnya perlu dilakukan dengan sungguh-sungguh dan konsisten baik oleh pemerintah, swasta dan masyarakat.

“Sebab kalau tidak, kita hanya akan menjadi penonton terhadap kemajuan teknologi yang terus berkembang sangat pesat di era sekarang ini,” tuturnya.

“Kami sangat mengapresiasi pada kegiatan ini ada kelompok ibu-ibu RT 24 di Kelurahan Gogagoman yang turut berpartisipasi dalam lomba inovasi. ini menandakan bahwa inovasi bukan lagi hal asing tapi sudah menjadi keharusan ditengah pesatnya perkembangan sekarang ini,” sambungnya lagi.

Kepala Bappelitbangda Kotamobagu, Adnan Massinae menyebutkan, bahwa IGA Kotamobagu tahun ini diikuti sedikitnya 34 peserta yang terbagi menjadi dua kategori. Umum 23 peserta dan kategori perangkat daerah berjumlah 11 peserta.

“Para peserta akan tampil mempresentasikan inovasi mereka dihadapan tim juri serta dilanjutkan dengan wawancara. Kami berharap peserta bisa menampilkan yang terbaik untuk memberi keyakinan memadai kepada tim juri bahwa inovasi yang dihadirkan memberikan manfaat yang signifikan,” kata Adnan.

Adapun tim juri IGA Kotamobagu tahun ini diantaranya, Dr. Herie Saksono, M.Si selaku Pejabat Fungsional Peneliti dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Ryan Ariefiansyah selaku Manajer Ekonom Fungsi Perumus Kebijakan Ekonomi dan Keuangan Daerah (KEKDA) Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Utara dan Nancy Tindige S.Sos M.Si, selaku Kepala Keasistenan Pencegahan Maladministrasi Kantor Perwakilan Ombudsman Sulawesi Utara.

Kegiatan yang digelar di Ruang Rapat Kantor Bappelitbangda Kotamobagu ini turut dihadiri, para Asisten serta sejumlah pimpinan OPD lingkup Pemkot Kotamobagu, Lurah/Sangadi serta peserta lomba. (*/guf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here