Diikuti Tiga Calon, Pilsang Antar Waktu Desa Poyowa Kecil Digelar Pekan Depan

0
182
Diikuti Tiga Calon, Pilsang Antar Waktu Desa Poyowa Kecil Digelar Pekan Depan Kotamobagu
Foto bersama para calon sangadi usai pengundian nomor urut beberapa hari lalu.

ZONA KOTAMOBAGU – Pemilihan Sangadi (Pilsang) antar waktu Desa Poyowa Kecil, Kecamatan Kotamobagu Selatan, akan dilaksanakan pada 22 Oktober mendatang. Saat ini panitia pelaksana terus mematangkan persiapan.

“Kita tinggal menunggu hari H pemungutan suara. Pada intinya semua sudah siap, tinggal pelaksanaannya saja,” kata Ketua Panitia Pilsang, Ardin Paputungan.

Ia menjelaskan, Pilsang antar waktu itu akan diikuti tiga calon, masing-masing Olii Asiking nomor urut 1, Habel Lokiman nomor urut 2 dan Doli Sugeha nomor urut 3. Ketiga calon tersebut terpilih setelah mengikuti tes tertulis. “Jumlah pendaftar ada tujuh orang, jadi dilaksanakan tes tertulis untuk menentukan tiga orang. Karena syaratnya peserta paling banyak tiga orang dan paling sedikit dua orang,” jelasnya.

Pilsang antar waktu di Desa Poyowa Kecil itu adalah yang kedua kalinya dilaksanakan di Kota Kotamobagu. Tahun sebelumnya, Pilsang antar waktu juga digelar di Desa Tabang. Mekanisme pemilihan sangadi berbeda dengan Pilsang pada umumnya, sebab hanya dipilih oleh tiga orang perwakilan dari tiap unsur desa, seperti perangkat desa, tokoh masyarakat, pemuda dan unsur lainnya.

 “Ada tujuh belas unsur di desa, dan setiap unsur hanya diwakili tiga orang. Untuk penentuan tiga orang perwakilan tiap unsur itu akan dilakukan pengundian. Jadi hanya lima puluh satu orang yang punya hak pilih sebagai perwakilan dari masing-masing unsur desa,” terangnya.

Setelah pemungutan suara pada 22 Oktober, akan langsung dilanjutkan dengan penghitungan suara dan penetapan calon terpilih. Selanjutnya panitia akan menyampaikan laporan ke Badan Permusyawaratan Desa (BPD). “Nanti BPD yang menyerahkan ke Pemerintah Kota Kotamobagu melalui camat untuk penerbitan SK. Insya allah Bulan Desember pelantikan sangadi terpilih,” tambahnya. (ads/trz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here