Dikpora Anggarkan Pembuatan Jamban dan Meubel SD

0
233

Dikpora Anggarkan Pembuatan Jamban dan Meubel SD Kotamobagu

ZONA KOTAMOBAGU – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Kotamobagu, dalam APBD Perubahan tahun anggaran 2016 mengusulkan penataan kembali Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2010 sebesar Rp3 miliar. Pasalnya, petunjuk teknis atas penggunaan DAK tersebut sudah terbit.

“Ada sekitar tiga miliar, dan Juknis-nya sudah turun. Kita akan gunakan untuk peningkatan infrastruktur dan juga pengadaan meubel untuk di Sekolah Dasar (SD) baik negeri mau pun swasta,” ungkap Kepala Dinas Dikpora, Rukmi Simbala, Senin (20/9) siang tadi.

Untuk peningkatan infrastruktur SD, Dikpora akan membangun jamban. Hal itu didasari pada standar jamban yang ada di sejumlah SD tidak sesuai dari sisi kesehatan. “Kan ada sekolah yang jambannya tidak sesuai dengan jumlah siswa yang ada. Ada juga yang sudah rusak, tetapi ini baru untuk tingkat SD baik negeri atau pun swasta saja,” kata Rukmi.

Realisasi terhadap program dan kegiatan tersebut pun direncanakan akan segera dilangsungkan. Pasca sudah ditetapkannya APBD Perubahan, Dikpora ingin mengejar agar anggaran tersedia itu tidak menjadi Silpa.

“Semoga bisa bermanfaat juga bagi sekolah yang akan diberikan meubel dan juga dibangunkan jamban. Saya berharap, agar manajemen sekolah dan para siswa dapat menjaga secara bersama-sama jamban dan meubel yang akan diberikan,” ujarnya.

Reporter: Gito Mokoagow

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here