Dikpora Kotamobagu Berharap ENAS Segera Disahkan

0
436
Dikpora Kotamobagu Berharap ENAS Segera Disahkan Pendidikan
Kadispora Kotamobagu Dra.Rukmi Simbala, MAP (resize)

ZONA PENDIDIKAN – Wacana untuk mengganti Ujian Akhir Nasional (UAS) ke Evaluasi Nasional (ENAS), yang saat ini terus digeber Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), mendapat perhatian pihak Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Kotamobagu.

Kepala Dikpora KK, Rukmi mengatakan, pihaknya berharap agar perubahan sistem Ujian dari UAS ke ENAS secepatnya disahkan. Karena sistem ENAS mengembalikan fungsi evaluasi, mulai dari sekolah, guru hingga satuan pendidikannya.

“Selama ini penerapan UAS menjadikan siswa-siswa di daerah terbebani, karena standar kelulusan yang ditentukan pemerintah pusat. Padahal ada beberapa aspek yang harus diperhatikan, seperti kualitas pengajar, sarana dan prasarana penunjang pendidikan di daerah terutama daerah-daerah terpencil yang jelas tidak bisa disamakan dengan pusat,” ujar Simbala saat diwawancarai zonabmr.com di ruang kerjanya, Kamis (29/01/2015)

Diketahui, pada Rabu (28/1) kemarin, BSNP menggelar rapat dengan Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemendikbud, untuk penerapan standar Ujian 2015. anggota BSNP, Teuku Ramli Zakaria menyatakan, pihaknya berharap agar pekan depan perubahan UAS ke ENAS mendapatkan titik terang, karena hingga saat ini masih dalam tahap usulan.

Peliput: Iswahyudi Masloman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here