Dilanda Kemarau, Petani Motbes Rata-rata Gagal Panen

0
258
Dilanda Kemarau, Petani Motbes Rata-rata Gagal Panen Kotamobagu
Tampak kondisi sawah petani Motbes yang gagal panen

ZONA KOTAMOBAGU – Kekeringan akibat kemarau panjang membuat sejumlah petani di wilayah Kota Kotamobagu merugi. Kurangnya aliran air menjadi salah satu penyebab tanaman mereka kering dan rusak.

Sebagaimana terpantau zonabmr.com pada Minggu (20/9) siang tadi, banyak tanaman milik petani di Kelurahan Motoboi Besar, Kecamatan Kotamobagu Timur yang tumbuh kerdil, di antaranya tanaman tomat, cabe merah, serta tanaman padi.

Bahkan, kondisi kurangnya air akibat musim kemarau panjang, memaksa petani di Motoboi Besar memanen padi mereka lebih awal. Hal itu terpaksa dilakukan sebelum tanaman padi mereka mati kekeringan.

Menurut Uleng, salah satu petani di wilayah setempat, mereka memilih panen dini meski dengan risiko hasilnya lebih sedikit dibanding biaya tanam. Apa yang dilakukan para petani, kata Uleng, sudah merupakan perhitungan agar tidak berdampak makin merugi.

“Perhitungan petani di sini, kerugian akan lebih besar bila mereka gagal panen akibat kekeringan. Kekurangan air menyebabkan sebagian bulir padi tidak berisi, bahkan sebagian bulir tidak sempat berkembang,” ungkapnya.

Reporter: Gito Mokoagow

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here