Dinas Kominfo Hadirkan Aplikasi Si Kemas, Ini Fungsinya

0
243
Dinas Kominfo Hadirkan Aplikasi Si Kemas, Ini Fungsinya Headline Kotamobagu
Ahmad Yani Umar

ZONA KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota (Pemkot) tak henti-hentinya menciptakan inovasi baru melalui pemanfaatan teknologi informasi. Setelah sukses dengan berbagai aplikasi layanan publik dan layanan pemerintah, Pemkot melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) membuat aplikasi baru bernama Sistem Keluhan Masyarakat (Si KeMas). Aplikasi tersebut dibuat untuk membantu masyarakat dalam menyampaikan keluhan ataupun kritik terkait pelayanan publik.

“Aplikasi ini sudah ada di play store. Semua bisa download,” kata Kepala Data Center, Rudianto Unu.

Kepala Bidang Statistik Informasi dan Komunikasi Publik (SIKP), mengungkapkan sistem kerja aplikasi Si KeMas terintegrasi dengan semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). “Nantinya setiap laporan, keluhan, saran yang disampaikan masyarakat lewat aplikasi ini secara otomatis akan di forward oleh sistem ke SKPD terkait untuk menunggu respon atau tanggapan. Waktu menanggapi  atau menindaklanjuti setiap laporan dan keluhan tergantung dari tingkat permasalahan yang disampaikan,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Ahmad Yani Umar, mengatakan aplikasi tersebut sangat memberi manfaat bagi pemerintah maupun masyarakat. “Dengan adanya aplikasi ini, masyarakat bisa menyampaikan keluhan seputar pelayanan publik, seperti proses perijinan, pelayanan kependudukan, persampahan, penataan parkir, penataan pasar, sarana jalan, pelayanan pajak dan lainnya,” katanya. (ads/gito)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here