Dinas Kominfo Kunjungi Mall Pelayanan Publik Banyuwangi

0
233
Dinas Kominfo Kunjungi Mall Pelayanan Publik Banyuwangi Kotamobagu
Kepala Dinas Kominfo Kotamobagu (tengah) dan jajarannya foto bersama Kepala Dinas Kominfo Banyuwangi.

ZONA KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota (Pemkot) terus berbenah meningkatkan kualitas pelayanan publik. Salah satu yang dilakukan adalah menerapkan e-government melalui pemanfaatan teknologi dan informasi dalam pelayanan pemerintahan.

Untuk memaksimalkannya, Rabu (9/5), Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sebagai instansi teknis study banding ke Kabupaten Banyuwangi. Di daerah itu, rombongan yang dipimpin Kepala Dinas Kominfo, Ahmad Yani Umar, mengunjungi Mall Pelayanan Publik yang menjadi sentra 170 pelayanan pemerintahan dan 10 instansi vertikal lainnya di daerah yang berada di Provinsi Jawa Timur itu.

Menurut Ahmad Yani Umar, pihaknya sengaja mengunjungi Kabupaten Banyuwangi karena merupakan salah satu daerah yang direkomendasikan Komisi Pemberantasan Korupsi sebagai tempat melakukan study banding terkait pemanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam aspek pelayanan publik.

“Oleh KPK merekomendasikan Kabupaten Banyuwangi karena sebagai salah satu daerah terbaik yang telah menjalankan aspek pelayan publik, terutama implementasi Mall Pelayanan Publiknya,” ungkapnya.

Ia mengakui, penerapan layanan pemerintahan berbasis teknologi dan komunikasi oleh Pemkab Banyuwangi sangat baik karena hampir semua saling terintegrasi, dan berdampak positif pada meningkatnya indeks kepuasan masyarakat.

“Mereka telah maksimal meningkatkan layanan publiknya melalui pemanfaatan teknologi informasi. Berbekal komitmen untuk menghilangkan ego sektoral masing-masing instansi yang sering kali menjadi penghalang dalam proses pelayanan. Mereka bisa menyamakan persepsi dan menyatukan layanan pemerintahan, mulai dari layanan publik di lingkup SKPD sampai instansi vertikal lainnya seperti layanan kepolisian, KUA, PLN, BPJS, PDAM, Bank Daerah, semuanya ada di satu tempat,” sebutnya.

Ditambahkannya, dari kunjungan ke Kabupaten Banyuwangi itu pihaknya mendapat banyak pelajaran positif. “Banyak yang kami pelajari dan insya allah bisa diterapkan di Kotamobagu,” tambahnya. (ads/gito)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here