Dinas Kominfo Mitra Cari Tahu Sistem Kerja Data Center Kotamobagu

0
217
Dinas Kominfo Mitra Cari Tahu Sistem Kerja Data Center Kotamobagu Kotamobagu
Kepala Dinas Kominfo, Ahmad Yani Umar, menerima kunjungan Dinas Kominfo Kabupaten Minahasa Tenggara.

ZONA KOTAMOBAGU – Data center milik Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) rupanya menjadi kiblat bagi daerah lain sebagai sasaran study banding. Terbukti, sejumlah daerah di Provinsi Sulawesi Utara serta Provinsi Gorontalo sudah datang berkonsultasi soal pembangunan maupun sistem kerja data center tersebut. Rabu (14/3), giliran Dinas Kominfo Kabupaten Mitra yang datang berkunjung dengan maksud dan tujuan yang sama dengan daerah lain yang datang sebelumnya.

“Kita rencana membangun data center. Makanya kita datang lihat-lihat dan konsultasi ke Kota Kotamobagu karena sistem kerja data centernya sudah bagus,” kata Kepala Seksi Pengelolaan Jaringan dan Komunikasi Data Dinas Kominfo Mitra, Franky Rondonuwu.

Kunjungan perwakilan dari daerah yang dipimpin Bupati James Sumendap itu disambut Kepala Dinas Kominfo Ahmad Yani Umar dan jajaran yang terkait.

“Mereka ke sini untuk mencari informasi soal pembangunan data center, termasuk melihat master plan. Di daerah mereka belum ada, makanya datang ke sini. Pada intinya, kita terbuka dengan daerah lain yang ingin datang berkonsultasi dengan apa yang sudah kita lakukan,” katanya.

Ia mengungkapkan, data center milik Dinas Kominfo itu dibangun pada 2017 lalu. Dasar pembangunannya adalah master plan yang didalamnya terutang road map yang akan dilaksanakan dari tahun ke tahun.

“Kalau tahun 2017 pembangunan data center, tahun 2018 adalah command experience center, kemudian tahun berikutnya adalah KIM, pengadaan CCTV dan lainnya. Semua yang tertuang dalam master plan itu yang akan dilaksanakan, tapi itu disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah,” ungkapnya.

Selain data center, Kota Kotamobagu juga telah memiliki command center. Dua hal tersebut merupakan infrastruktur dasar menuju smart city. (ads/gito)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here