Dinas Kominfo Uji Coba Penggunaan Aplikasi e-CHK

0
244
Dinas Kominfo Uji Coba Penggunaan Aplikasi e-CHK Kotamobagu
Ahmad Yani Umar

ZONA KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota (Pemkot) terus berinovasi dengan memanfaatkan Informasi Teknologi (IT) dalam pelaksanaan tugas pemerintahan. Setelah sukses dengan berbagai aplikasi layanan publik dan layanan pemerintahan, kini melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), Pemkot menghadirkan aplikasi Elektronik Catatan Harian Kinerja (e-CHK) khusus tenaga kontrak.

Kepala Dinas Kominfo, Ahmad Yani Umar, mengatakan e-CHK adalah sistem informasi yang mempermudah pengelolaan laporan kinerja harian tenaga kontrak khususnya di Dinas Kominfo.

“Aplikasinya sudah bisa di download smartphone. Cara kerjanya adalah setiap tenaga kontrak menginput laporan kinerja harian secara online. Absen juga sudah termasuk di dalamnya. Jadi kalau ada yang tidak menginput laporan, maka sama saja yang bersangkutan itu tidak masuk kantor. Untuk laporan kinerja bulan ini, di print out pada awal bulan berikutnya. Nantinya itu yang akan menjadi dasar evaluasi kinerja mereka (tenaga kontrak),” katanya.

Lanjutnya, penggunaan e-CHK tersebut saat ini masih dalam tahap uji coba untuk tenaga kontrak di Dinas Kominfo, dan kedepannya akan diterapkan di semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Rencananya dua minggu depan kita akan sosialisasikan ke semua SKPD hingga ke Kecamatan dan sampai ke desa dan kelurahan.

“Ini hanya khusus tenaga kontrak, karena untuk ASN sudah ada aplikasi SIKAP (Sistem Informasi Kinerja Aparatur Pemerintahan),” ujarnya.

Dijelaskannya, penggunaan e-CHK tersebut akan sangat membantu pimpinan SKPD dalam mengevaluasi kinerja tenaga semua tenaga kontrak. “Manfaat dari penggunaan aplikasi ini adalah mempermudah proses pelaporan kinerja. Dengan adanya e-CHK ini tentu akan memotivasi semua tenaga kontrak untuk meningkatkan kinerjanya,” jelasnya. (ads/gito)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here