Dinas Pertanian Serius Tangani Hama Kelapa di Kotamobagu

0
232
Dinas Pertanian Serius Tangani Hama Kelapa di Kotamobagu Kotamobagu
Kadis Pertanian Kotamobagu, Hardi Mokodompit

ZONA KOTAMOBAGU – Dinas Pertanian Kotamobagu menanggapi keresahan sejumlah petani kelapa di Kota Kotamobagu lantaran ancaman hama jenis Ulat Api (Setora Nitens) dilaporkan telah menjangkiti perkebunan kelapa di Kobo Besar.

Menurut Kepala Dinas Pertanian, Hardi Mokodompit, pihaknya tengah melakukan upaya penanganannya hama tersebut, “Kami akan semaksimal mungkin menangani ancaman hama jenis ulat api ini,” ujar Mokodompit kepada zonabmr.com saat diwawancarai di ruang kerjanya, Kamis (01/10).

Mokodompit menjelaskan, pihaknya telah mengambil langkah-langkah taktis maupun strategis yang diperlukan termasuk telah mengajukan proposal bantuan ke Provinsi. Itu dilakukan khusus untuk penanganan hama kelapa yang diketahui awalnya menyerang perkebunan kelapa Kecamatan Modayag, Boltim.

“Tidak ada anggaran yang dipersiapkan, karena kasus serangan hama ulat api ini sangat jarang terjadi. Sehingga mengajukan proposal bantuan anggaran dan vaksin ke Propinsi. Tetapi kami akan berusaha semaksimal mungkin,” aku Mokodompit.

Sebelumnya, personil komisi II DPRD Kotamobagu, Feiba Tumundo meminta Dinas Pertanian secepatnya mengambil tindakan preventif, agar serangan hama ulat api tersebut tidak meluas.

“Jangan sampai masyarakat kita yang masih banyak berprofesi sebagai petani kelapa menjadi korban. Pemerintah dalam hal ini Dinas Pertanian, harus proaktif,” harap Tumundo.

Reporter: Iswahyudi Masloman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here