Dinas Pertanian Siapkan Tim Pemeriksa Kesehatan Hewan Kurban

0
83
Dinas Pertanian Siapkan Tim Pemeriksa Kesehatan Hewan Kurban Bolmut Headline
Sarifudin Talibo

ZONA BOLMUT – Pemeriksaan kesehatan hewan kurban saat Idul Adha memang sangat penting, apalagi disaat pandemi dan di musim pancaroba seperti saat ini. Tak hanya itu asal hewan kurban juga harus diketahui.  Maka dari itu pemerintah daerah melalui Dinas Pertanian intens memeriksa hewan kurban di enam kecamatan yang berada di Bolaang Mongondow Utara (Bolmut).  Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Pertanian melalui Kepala Bidang Peternakan Sarifudin Talibo  S.pt saat bersua dengan media ini diruang kerjanya, Selasa (28/7).

Menurutnya, ada dua metode yang dilakukan dalam proses pemeriksaan kesehatan hewan, yakni sebelum dan setelah penyembelihan. “Sebelum penyembelihan yaitu memeriksa fisik, apakah mempunyai gejala penyakit atau tidak. Kedua, setelah penyembelihan yang diperiksa adalah bagian organ hewan terutama bagian hati, karena biasanya organ tersebut paling rentan terkena penyakit,” ungkapnya.

Ada tiga tim yang akan diturunkan memeriksa kesehatan hewan kurban. Setiap tim katanya akan menangani dua wilayah kecamatan. “Pemeriksaan kesehatan hewan kurban ini juga tentu dilakukan sesuai protokol kesehatan. Petugas memakai Alat Pelindung Diri (APD),” tambahnya. (Rendi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here