Dinas Pertanian Tertarik Kembangkan Labu Brazil

0
259
Dinas Pertanian Tertarik Kembangkan Labu Brazil Kotamobagu
Tim Dinas Pertanian berada di lokasi penanaman buah labu di Kelurahan Genggulang.

ZONA KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota (Pemkot) tertarik mengembangkan tanaman buah Labu Kuning atau Labu Brazil. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pertanian, Muljadi Suratinoyo. Menurutnya, pengembangan buah tersebut katanya dilakukan di 33 desa dan kelurahan.

“Kami akan coba mengembangkan buah Labu Kuning atau Labu Brazil, karena bentuknya yang unik dan belum banyak di tanam petani di sini,” ungkap Muljadi.

Ia mengatakan, pengembangan tanaman buah tersebut sudah dilakukan kelompok pertanian Kelurahan Genggulang. “Nantinya ini akan kita kembangkan di tiap desa dan kelurahan, dengan percontohannya adalah kelompok tani di Genggulang,” katanya.

Ditambahkannya, keunikan dari buah Labu Brazil itu berbentuk bulat dengan ukuran kecil dan berbeda dengan labu biasa yang banyak ditemui. “Manfaat dan kandungan gizinya lengkap untuk kesehatan. Buah ini mengandung lemak, protein, kalori serta beberapa kandungan vitamin dan gizi lainnya,” tambahnya.

Salah satu petani, Darwis Ibrahim, mengungkapkan uji coba tanaman Labu Kuning ditanam pada lahan seluas satu hektare dan memberi hasil yang memuaskan. “Cara tanamnya berbeda. Terlebih dahulu disemai, kemudian setelah sembilan hari dipindahkan ke lahan yang lebih besar. Seminggu sekali diberi pupuk dan satu bulan setengah tanaman ini sudah bisa dipanen secara bertahap,” ungkapnya. (ads/gito)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here