Dinkes Bolmong Giatkan Program Penanggulangan Gizi Buruk

0
397
Dinkes Bolmong Giatkan Program Penanggulangan Gizi Buruk Bolmong
Kadis Kesehatan Bolmong drg, Rudiawan

ZONA BOLMONG – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bolmong, drg Rudiawan, mengatakan, pihaknya tengah melakukan pendataan kasus gizi buruk yang ada di wilayah Kabupaten Bolmong. Nantinya dari hasil pendataan, jika ada anak penderita penyakit ini, akan ditangani dengan pemberian Makanan Pengganti Air Susu Ibu (MP ASI).

“Itu program provinsi yang ditindaklanjuti daerah. Jika dalam pelacakan terdapat anak-anak yang terserang gizi buruk akan ditindaklajuti dengan pemberian MP ASI,’’ katanya.

Lanjutnya, secara teknis petugas kesehatan di lapangan melakukan investigasi di wilayah dan kemudian untuk penyaluran MP ASI dilakukan saat kegiatan Posyandu.

“Saat ini sementara dilacak keberadaan penderita gizi buruk. Setelah itu kita akan melakukan penanganan saat kegiatan posyandu, salah satunya penyaluran MP ASI,’’ terangnya.

Sekedar diketahui, berdasarkan data selang 2013, sebanyak 25 anak di Bolmong terserang penyakit gizi buruk. Angka itu tergolong tinggi, hingganya peran aktif orang tua dalam memperhatikan pola makanan bagi anak sangat diperlukan. Gizi buruk tidak hanya menyerang anak orang miskin, anak orang kaya pun bisa terserang gizi buruk jika pola asupan makan tidak berimbang.

Peliput: Wiradi Gilalom

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here