Dinkes Bolmut Hadiri Rakerkesnas di Jakarta

0
363
Dinkes Bolmut Hadiri Rakerkesnas di Jakarta Bolmut
dr. Jusnan C. Mokoginta, MARS

ZONA BOLMUT – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bolmut menghadiri Rapar Kerja Kesehatan Nasional (Rakerkesnas) tahun 2016 yang dipusatkan di Hotel Bidakara, Jakarta, mulai tanggal  29 sampai 1 April mendatang. Kegiatan itu mengundang seluruh kepala dinas kesehatan dan direktur RSUD se-Indonesia.

Kepala Dinkes Bolmut, dr. Jusnan Mokoginta, MARS., mengatakan, Rakernas tersebut rutin digelar setiap tahun, dan agenda kali itu membahas banyak hal terkait permasalahan kesehatan yang ada di seluruh wilayah Indonesia.

“Di antaranya dibahas masalah penerapan akreditasi untuk seluruh puskesmas dan RSUD. Mulai tahun 2016 ini, puskesmas wajib diakreditasi oleh tim penilai. Saat ini masih 80 % belum memenuhi standar akreditasi. Contoh di sulut belum ada yg terakreditasi, namun saat ini ada 10 Puskesmas di Sulut yang mau diakreditasi,” ungkap Jusran yang ikut memimpin tim Dinkes ke Jakarta, Selasa (29/03).

Untuk Bolmut, sejak 2015 lalu ada 2 Puskesmas yang dipersiapkan pihaknya, yaitu PKM Boroko dan Bohabak. Tahap sosialisasi sudah dilaksanakan dan april 2016 masuk pendampingan.

Lanjutnya, hal lain yang akan dibahas terkait tenaga dokter dan bidan berstatus pegawai tidak tetap yang akan diterima melalui jalur khusus untuk menjadi PNS, “Di Bolmut, MoU antara Pemkab Bolmut dan Kementrian sudah ada, dan akan ditandatangani oleh Bupati dan Menkes,” tutupnya.(met)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here