Dinkes Fokus Mencegah KLB DBD

0
89
Dinkes Fokus Mencegah KLB DBD Bolmut
Jusnan C Mokoginta

ZONA BOLMUT — Dinas Kesehatan Kabupaten Bolmut menginformasikan jumlah warga yang positif Demam Berdarah Deangue (DBD) kini berjumlah 9 orang. Situasi ini memang kerap terjadi di Bolmut setiap awal tahun, terhitung dari bulan Desember hingga Februari karena curah hujan yang tinggi.

“Fokus kami tentu menekan perkembangan kasus DBD agar tidak sampai berubah menjadi Kejadian Luar Biasa (KLB). Alhamdulillah sampai sekarang, belum ada warga daerah ini yang meninggal akibat DBD,” ujar Kadis Dinkes Bolmut dr Jusnan C Mokoginta MARS,  Selasa (22/1).

Lebih lanjut disampaikan, selain 9 warga positif DBD ditemukan juga 2 orang pasien suspect. Sebagaimana seluruh daerah di Sulut, Bolmut juga menetapkan status waspada DBD. Hal ini ditandai dengan pelaksanaan kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) bekerjasama dengan berbagai pihak, termasuk dengan PKK. Selain itu, digencarkan juga kegiatan fogging pada lokasi penemuan kasus, dengan radius pengasapan mencapai 200 meter.

“Kami berharap mulai dari saat ini warga mengintesifkan upaya identifikasi jentik lewat gerakan 3M. Bahkan kami sangat mengutamakan kegiatan PSN ketimbang Fogging, karena lebih efektif dalam hal pencegahan,” kuncinya. (Rendy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here