Home BMR Kotamobagu Dinkes Ingatkan Hati-hati Beli Obat di Medsos

Dinkes Ingatkan Hati-hati Beli Obat di Medsos

0
167

Dinkes Ingatkan Hati-hati Beli Obat di Medsos Kotamobagu

ZONA KOTAMOBAGU – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kotamobagu, dr. Nurjana Masloman, mengimbau seluruh masyarakat lebih teliti dan berhati-hati jika beli barang khususnya obat-obatan melalui media online (medsos).

Menurut Masloman, jika ada obat yang dijajakan lewat medsos atau situs online tentunya harus jelas dulu asal obat tersebut, termasuk harus dipastikan keaslian obatnya. Lain halnya dengan penjualan obat di apotek atau toko obat, tentunya memiliki izin penjualan serta dalam kondisi pengawasan pihak-pihak terkait.

“Jadi ada yang bertanggung jawab. Kalau online siapa yang bertanggung jawab jika obat itu palsu. Apalagi pemesanan barang melalui online dibayar lewat transfer. Jika obat yang dijual palsu maka tidak ada yang akan bertanggu jawab,” kata Masloman.

Lanjutnya, mengkomsumsi obat palsu beresiko buruk pada kesehatan. Seperti pemakaian obat palsu dengan kandungan zat aktif di bawah standar, bisa mengarah pada resistensi obat dan efek samping lain bagi kesehatan.

“Diharapkan agar masyarakat lebih efektif dan hati-hati dalam melakukan pembelian obat. Alhamdulilah sejauh ini kami belum menemukan ada obat palsu yang dijual di wilayah Kotamobagu,” ujarnya.(ads/gito)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here