Dinkes KK Adakan Pelatihan Tumbuh Kembang Balita

0
334

Dinkes KK Adakan Pelatihan Tumbuh Kembang Balita Kotamobagu

ZONA KOTAMOBAGU – Pentingnya pembinaan pada periode anak di lima tahun pertama, Dinas Kesehatahn (Dinkes) Kota Kotamobagu (KK) akan melaksanakan kegiatan pelatihan Mutu Ketrampilan Petugas Pelayanan terkait Stimulasi Deteksi Intervensi Dini Tumbuh Kembang.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Kotamobagu melalui  Kepala Seksi Keperawatan dan Rujukan, Linda Mokodongan, saat ditemui zonabmr.com, Selasa (1/09). Kata dia, tujuan pelatihan tersebut agar peserta memahami dan mampu melaksanakan pemantauan tumbuh kembang pada balita dan anak pra sekolah.

“Diharapkan agar peserta mampu menjelaskan pentingnya stimulasi, deteksi dan intervensi dini masalah tumbuh kembang pada anak.,” kata Linda.

Dijelaskannya, stimulasi adalah kegiatan merangsang kemampuan dasar anak umur 0 sampai dari 6 tahun agar anak tumbuh dan berkembang secara optimal. Sedangkan Intervensi, adalah suatu tindakan tertentu pada anak yang mempunyai perkembangan dan kemampuan menyimpang karena tidak sesuai dengan umurnya.

“Penyimpangan perkembangan bisa terjadi pada salah satu atau lebih kemampuan anak yaitu kemampuan gerak kasar, gerak halus, bicara dan bahasa, serta sosialisasi dan kemandirian anak,” urainya.

Lebih lanjut Linda mengungkapkan, lima tahun pertama kehidupan manusia merupakan masa yang sangat peka terhadap pengaruh lingkungan baik biologis, fisik, maupun sosial. Dengannya masa balita disebut golden period (masa keemasan), critical period (masa kritis) dan window of opportunity (jendela kesempatan), “Masa itu berlangsung sangat pendek dan tidak dapat diulang lagi,” tutupnya.

Reporter: Gito Mokoagow

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here