Dinkes: Kotamobagu Aman dari Vaksin Palsu

0
262
Dinkes: Kotamobagu Aman dari Vaksin Palsu Kotamobagu
Ahmad Yani Umar

ZONA KOTAMOBAGU – Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sulawersi Utara melakukan inpeksi mendadak (Sidak), serta pengambilan sampel di beberapa fasilitas pelayanan kesehatan wilayah Kotamobagu, Rabu (29/6) kemarin. Kegiatan itu dilakukan guna memastikan apakah ada peredaran vaksin palsu sebagaimana kabar itu terjadi di sejumlah wilayah.

Kepala Dinkes Sulut, Jemmy Lampus bersama Karo Pemerintahan dan Humas, Jemmy Kumendong, Perwakilan Dinkes Kotamobagu melakukan sidak di beberapa tempat di antaranya RS Monompia dan Apotik Lianza, “Kami memeriksa jenis vaksin Angerix-B (masuk dalam 12 label vaksin palsu), vaksin itu untuk Hepatitis,” kata Jemmy.

Dari hasil; pemeriksaan sampel tersebut, tidak ditemukan adanya vaksin palsu, “Tidak ditemukan. Karena salah satu ciri-ciri vaksin asli atau palsu itu diperiksa melalui nomor seri yang tercantum pada botol vaksin tersebut. Jadi diperiksa apakah  njomor seri itu terdaftar di BPOM atau tidak,” terang Jemmy.

Senada ditambahakan Sekretaris Dinas Kesehatan Ahmad Yani Umar. Kata dia, Hasil sementara dari pengambilan sampel dalam sidak Dinkes Provinsi didampingi para apoteker, tidak ditemukan adanya penyebaran vaksin palsu di wilayah Kotamobagu.

“Sampel yang diambil itu secara acak, dan dilakukan di Rumah Sakit Umum Kotamobagu, Puskesmas Gogagoman dan Puskesman Motoboi Kecil, serta beberapa dokter praktik. Alhasil, tidak ditemukan adanya vaksin palsu ini,” kata Yani.

Meski belum secara resmi ditetapkan aman dari vaksin palsu tersebut, Yanny meyakinkan agar masyarakat tidak perlu khawatir. Ia megaskan, vaksin yang ada di Kotamobagu asli dan sesuai standar WHO, Kemenkes dan BPOM, “Masyarakat bisa melakukan imunisasi di Posyandu, vaksin yang digunakan bebas dari vaksin paslu,” jelasnya.(gito)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here