Dinkes Periksa Kehigienisan Produk Home Industri

0
461
Dinkes Periksa Kehigienisan Produk Home Industri Kotamobagu
Ilustrasi Home Industri

ZONA KOTAMOBAGU – Dinas Kesehatan (Dinkes) akan turun memeriksa semua tempat pengolahan home industri yang tersebar di wilayah Kota Kotamobagu. Hal itu dilakukan untuk memastikan kehigienisan produk home industri yang dijual ke masyarakat.

Kepala Bidang Promosi Pelayanan dan Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan, Soemartini Soegihardjo, mengatakan sebelumnya pihaknya sudah pernah turun ke 119 tempat usaha home industri. Saat itu katanya pihaknya tidak menemukan ada produk makanan yang menggunakan bahan berbahaya.

“Yang akan kita periksa adalah kebersihan lingkungan, cara pengolahan serta bahan makanan yang digunakan. Ini rutin kita lakukan agar ada jaminan kehigienisan dari setiap produk industri rumahan yang dijual ke masyarakat,” kata Kepala Bidang Promosi Pelayanan dan Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan, Soemartini Soegihardjo.

Lanjutnya, rencana turun ke semua tempat usaha home industri itu akan dilakukan dalam beberapa waktu kedepan. “Bukan hanya tempat pengolahan mie dan bakso saja, tapi ke tempat pengolahan kacang goyang, keripik, kolombeng dan lainnya,” ujarnya.

Ditambahkannya, pihaknya tak segan memberi sanksi tegas jika menemukan ada produk home indutri yang mengandung bahan berbahaya. Oleh karena itu, ia mengimbau agar para pelaku usaha dapat memperhatikan kebersihan serta kualitas produk usaha masing-masing. “Sejauh ini memang masih aman, tapi jika dikemudian hari didapati ada yang menggunakan bahan atau zat berbahaya, maka akan langsung ditindak tegas,” tambahnya. (ads/gito)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here