Disdukcapil: Miliki KTP Ganda Akan Ada Sanksi Pidana

0
216
Disdukcapil: Miliki KTP Ganda Akan Ada Sanksi Pidana Kotamobagu
Virgina Olii, SE

ZONA KOTAMOBAGU –  Kartu Tanda Penduduk (KTP) adalah identitas resmi warga negara sebagai bukti diri yang diterbitkan oleh instansi terkait dan berlaku di Indonesia. Untuk itu Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu mengimbau seluruh masyarakat agar jangan ada yang menggunakan KTP ganda.

Hal itu ditegaskan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Virgina Olii, saat dihubungi zonabmr.com, Senin (09/05) pagi tadi. Kata dia, berdasarkan peraturan pemerintah, setiap penduduk Indonesia hanya diperbolehkan memiliki satu Nomor Induk Kependudukan (NIK), artinya hanya boleh memiliki satu KTP saja.

“Diharapkan agar tidak ada warga Kotamobagu yang memiliki KTP ganda. Jika ada warga yang akan pidah menjadi penduduk Kotamobagu, sebaiknya melapor melalui Disdukcapil. Ini guna untuk dilakukan pengecekan melalui data base kependudukan. Terkecuali yang bersangkutan ada surat keterangan pindah sementara,” urai Olii.

Lanjutnya, bagi warga yang akan pindah menjadi penduduk Kotamobagu, pihaknya akan membuatkan Kartu Keluarga serta mengeluarkan KTP. Dan untuk KTP sebelumnya, akan ditahan. “Apabila ada warga yang dengan sengaja membuat identitas ganda dengan berbagai mudus, akan ada sanksi pidana sebagaimana diatur dalam UU tentang Administrasi Kependudukan,” tegasnya.

Reporter: Gito Mokoagow

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here