Dishub Gelar FGD Andalalin MABM

0
164
Dishub Gelar FGD Andalalin MABM Headline Kotamobagu
Kegiatan FGD Analisis Dampak Lalu Lintas yang dilaksanakan Dinas Perhubungan di Lembah Bening.

ZONA KOTAMOBAGU – Dinas Perhubungan (Dishub) menggelar Forum Grup Discussion (FGD) Analisis Dampak Lalu Lalintas (Andalalin) Masjid Agung Baitul Makmur (MABM). Kegiatan itu dilaksanakan di Lembah Bening, Selasa (15/10), dan menghadirkan tenaga ahli dari PT Global Rekacipta Indonesia serta dihadiri Satlantas Polres Kotamobagu, SKPD serta Lurah Gogagoman.

FGD dilaksanakan sebagai bagian dari tahapan penyusunan dokumen Analisis Dampak Lalu Lintas (Analisis) sebagai amanat dari Peraturan Menteri Perhubungan nomor 75 tahun 2011.

“Kita lihat profil masjid ini sangat besar dan diperkirakan menampung empat ribu sampai lima ribu jamaah. Oleh karena itu penyusunan dokumen andalalin ini sangat penting, karena dipastikan kendaraan banyak yang diparkir di situ. Dengan jumlah jamaah yang banyak, maka kendaraan yang diparkir juga pasti membludak. Tentu ini yang kita pikirkan dan carikan solusi bersama,” kata Sande, dalam sambutannya saat membuka kegiatan itu,” Kata Sekretaris Daerah (Sekda), Sande Dodo, dalam sambutannya.

Posisi MABM berada di jalur strategis karena di apit jalan nasional dan berada di pusat kota dan masuk kawasan tertib lalu lintas. “Jadi ini sangat memerlukan analisa yang matang supaya begitu diresmikan MABM tidak menimbulkan kemacetan. Untuk itu diharapkan agar para peserta FGD ini dapat memberikan masukan secara aktif untuk menjadi pertimbangan bagi tim konsultan, karena tanpa data-data konsultan sulit menganalisa, dengan data itu yang akan dianalisa kemudian akan melahirkan dokumen andalalin,” pungkasnya.

Kepala Dishub, Nasli Paputungan, mengungkapkan saran dan masukan yang didapat melalui FGD itu diharapkan bisa terakomodir. “Tujuan kita adalah mencari solusi soal lalu lintas di sekitar MABM. Nanti setelah kegiatan ini juga, tim ahli akan turun meninjau langsung lokasi serta akses jalan yang terhubung dengan masjid itu,” ungkapnya. (gjm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here