Dishub Kotamobagu Gelar Pemeriksaan Angkutan Mudik

0
188

Dishub Kotamobagu Gelar Pemeriksaan Angkutan Mudik Kotamobagu

ZONA KOTAMOBAGU – Jelang lebaran Idul Fitri 1437 Hijriah, Dishub Kotamobagu bersama Satlantas Polres Bolmong dan Badan Narkotika Kotamobagu, menggiatkan inspeksi mendadak (sidak) di sejumlah terminal wilayah setempat. Jumat (01/07).

Sidak yang dipimpin Kepala Dishubparkominfo Agung Adati, bertujuan untuk memastikan kesiapan dan kelaikan kendaraan angkutan umum menghadapi arus mudik lebaran, “kami cek kelaikan kendaraan agar para pemudik aman menggunakan angkutan,” katanya.

Dijelaskannya, beberapa hal teknis kendaraan yang diperiksa pihaknya di antaranya lampu kendaraan khususnya lampu utama, rem, dan penjuk arah. Diperiksa juga klakson, wiper, termasuk kelengkapan surat-surat kendaraan.

“Hasil pemeriksaan, kami menemukan sejumlah kendaraan menggunakan ban gundul, tak memiliki klakson, rem tangan tidak berfungsi, bahkan tidak memiliki surat izin operasi. Kondisi ini sangat berbahaya bagi keselamatan penumpang,” kata Agung.

Menurutnya, kendaraan yang didapati tidak laik jalan tersebut dikenai sanksi tidak diizinkan beroperasi, “Sebelum melakukan pembenahan kendaraan dengan melengkapi kekurangan, kenderaan itu tidak bisa beroperasi,” ujar Agung.

Ia menambahkan, pemeriksaan kendaraan tersebut akan digiatkan sampai H-1 Idul Fitri. Ia juga mengimbau kepada para sopir dan pemilik kenderaan untuk memprioritaskan keselamatan berkendara agar perjalanan menunuju tempat tujuan berjalan lancer, “Utamakan keselamatan berkendara dengan mematuhi atruan berkendara,” imbaunya.(gito)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here