Diskop-UKM Bolmong Upayakan Reaktivasi Koperasi “Mati Suri”

0
334

Diskop-UKM Bolmong Upayakan Reaktivasi Koperasi "Mati Suri" Bolmong

ZONA BOLMONG – Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Diskop UKM) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), akan berupaya mengatifkan kembali koperasi-koperasi yang mengalami mati suri atau kevakuman di daerahnya melalui program pendampingan.

“Program tersebut adalah program pendampingan melalui coaching clinic, yakni dirancang untuk mengaktifkan kembali koperasi-koperasi yang mengalami kevakuman dan tak beraktivitas lagi di Bolmong. Terutama bagi koperasi yang telah menerima bantuan pemerintah.” kata Hamri.

Saat ini, kata Hamri, pihaknya sedang menginventarisir kembali seluruh koperasi yang tidak beraktifitas lagi guna penerapan program tersebut. Menurutnya ada dua koperasi yang sempat mendapat catatan khusus pihaknya.

“Dua koperasi tersebut telah menerima bantuan dana program pengembangan koperasi 2014 lalu yaitu Koperasi Jasa Pogogutat Desa Tapadaka Utara dan Koperasi Produsen Bukit Bogani Desa Konarom Kecamatan Dumoga Tenggara. Namun sayang aktifitasnya saat ini nyaris tidak ada lagi.” urai Hamri.

Lanjutnya, metode pendampingan melalui cara coaching clinic sasaran prioritasnya adalah koperasi-koperasi yang bermasalah. Dengan demikian, koperasi-koperasi tadi bisa aktif dan berkembang.

“Sempat ada persepsi negatif kalau koperasi penerima bantuan cenderung tidak berkembang. Seperti pada Koperasi Produsen Bukit Bogani di Desa Konarom, yang sampai sekarang belum melaksanakan rapat anggota tahunan (RAT). Itu semua yang akan kita ubah agar koperasi bisa maju,” kata Hamri.

Kepala Bidang (Kabid) Usaha Kecil Menengah (UKM) Malpin Dako, mengakui jika permasalaahan di beberapa koperasi cukup rumit. Sehingga, strategi penanganan permasaalahan harus segera diterapkan.

“Kita upayakan supaya dua koperasi tadi bisa kita lakukan pendampingan dan bimbingan. Terutama bagaimana teknis pembukuan keuangannya dan manajemen usaha koperasi. Demi kian juga untuk koperasi lainya,” ujar Malpin

Reporter: Wiradi Gilalom

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here