Disparbud Rancang ‘Museum Online’

0
160
Disparbud Rancang ‘Museum Online’ Kotamobagu
Agung Adati

ZONA KOTAMOBAGU – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) sedang menyiapkan website yang memuat khusus soal benda-benda peninggalan sejarah daerah suku Bolaang Mongondow. Website dibuat untuk membantu menginformasikan ke masyarakat soal peninggalan sejarah mongondow.

“Website-nya sedang kita rancang. Dengan website itu masyarakat akan lebih mudah mendapatkan informasi dan mengetahui soal benda-benda peninggalan sejarah suku Bolaang Mongondow,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar), Agung Adati.

Selain memudahkan masyarakat mendapat informasi soal peninggalan sejarah, website tersebut juga bisa menjadi sebuah museum online. “Teknologi sekarang semakin berkembang. Ini kita manfaatkan untuk menyimpan informasi atau data soal peninggalan sejarah daerah.

Ditambahkannya, dalam website tersebut memuat soal benda-benda peninggalan sejarah pada masa kerajaan Bolaang Mongondow serta penjelasan-penjelasannya. “Apa nama benda itu, penggunaannya dan termasuk keberadaannya saat ini akan ada dalam website itu. Salah satu contoh adalah alat musik rambabo yang pada jaman dahulu itu digunakan sebagai pengiring tarian adat sebagainya,” tambahnya. (ads/trz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here