Dispertanak Antisipasi Penyerbaran Penyakit Unggas

0
257
Dispertanak Antisipasi Penyerbaran Penyakit Unggas Kotamobagu
Manaf Pudul

ZONA KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota (Pemkot) terus mengawasi aktivitas peternakan ayam kampung di sejumlah tempat usaha. Hal itu dilakukan guna mengantisipasi penyebaran virus yang kerap menyerang unggas.

Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertanak), Manap Pudul, mengatakan ada berbagai jenis penyakit atau virus yang kerap menyerang unggas, salah satunya adalah Newcastle Disease (ND). “ND ini adalah jenis penyakit pada unggas yang mematikan. Sehingga itu perlu diantisipasi sedini mungkin agar tidak terjadi dan menyebar di sini,” katanya.

Ia mengakui, penyakit ND jarang terjadi atau menyerang unggas di Kota Kotamobagu. Namun demikian, upaya antisipasi perlu dilakukan. “Kita siap melakukan vaksinasi unggas untuk ND ini. Siapapun peternak yang membutuhkannya, kita siap membantu,” ujarnya.

Ditambahkannya, pihaknya akan berkoordinasi dengan para peternak. Jika ada unggas peliharaan yang diduga terserang penyakit ini, segera melaporkan untuk ditindaklanjuti. “Apalagi saat kondisi cuaca yang tak menentu, itu rentan terjadi penyakit. Bukan hanya ND, tapi juga jenis penyakit lainnya,” tambahnya. (ads/gito)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here