Dispertanak Bolmut Gelar Pelatihan Kader Kesehatan Hewan

0
264

Dispertanak Bolmut Gelar Pelatihan Kader Kesehatan Hewan Bolmut

ZONA BOLMUT – Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan dan Kehutanan, (Dispertanak) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) melaksanakan kegiatan Pelatihan Kader Kesehatan Hewan bertempat di Rumah Makan Bounor Beach, Desa Kuala Utara, Kecamatan Kaidipang. Kamis (22/10).

Kegiatan yang dibuka Wakil Bupati Bolmut Suriansyah Korompot tersebut, bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petani peternak serta penyuluh dalam pencegahan dan penanggulangan penyakit pada hewan ternak.

Dalam sambutan Bupati Bolmut Drs. Hi. Depri Pontoh yang dibacakan Wabup Surianyah, disampaikan bahwa dalam rangka pencapaian sasaran strategi pengendalian penyakit hewan, Pemerintah Pusat mengamanatkan adanya keterlibatan masyarakat dalam pengendalian dan pemberantasan penyakit hewan.

“Keberadaan masyarakat sebagai kader yang sudah dilatih akan menjadi sektor ketiga (sektor publik) yang mengedepankan kepedulian sosial yang mampu memberikan pelayanan kesehatan hewan yang sifatnya public goods. Sebagaimana dalam implementasinya akan saling bersinergi dengan bidang peternakan yang menangani kesehatan hewan,” kata Korompot.

Atas itu, Bupati mengatakan bahwa pelatihan tersebut sangat strategis untuk membangun komitmen bersama dalam rangka melindungi masyarakat dan sumber daya peternakan dari ancaman penularan penyakit. Serta mewujudkan Bolaang Mongondow Utara menjadi wilayah bebas penyakit hewan endemic.

“Dengan terlatihnya kader kesehatan hewan, diharapkan menjadi salah satu wujud komitmen Pemerintah kabupaten untuk menjadikan pengendalian penyakit hewan sebagai salah satu program prioritas di Daerah. Dan juga, hal itu dapat membangun sistem pengendalian penyakit hewan yang komprehensif, terpadu dan berkesinambungan,” jelas Korompot.

Kegiatan tersebut dihadiri Kepala Dispertanak Bolmut Ir. Djakaria Babay, S. Sos, S.Mn., Kepala Seksi Kesmafet Balai Kesmafet Provinsi Sulawesi Utara dr.h. Hana Tiohu dan dr.h. Nyoman Rully selaku pemateri.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here