Dispertanak Siapkan Pemeriksaan Hewan Kurban

0
244
Dispertanak Siapkan Pemeriksaan Hewan Kurban Bolmong
Ir. Taufik Mokoginta

ZONA BOLMONG – Menjelang pelaksanaan ibadah kurban, Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertanak) Bolaang Mongondow (Bolmong) bersiap melakukan pemeriksaan kesehatan hewan. Menurut Kepala Dispertanak Taufik Mokoginta, pemeriksaan dilakukan agar nanti saat dikonsumsi untuk Iduladha, daging hewan tersebut benar-benar sehat, terbebas dari semua jenis penyakit yang biasa menjangkiti kawanan ternak.

“Tentu yang sehat, higienis, layak konsumsi itu yang akan kita sarankan untuk dijadikan hewan kurban. Jika hewan itu sakit, kita rekomendasi agar tidak dikurbankan,” kata Taufik.

Kondisi hewan yang akan dikurbankan lanjut Taufik, dalam kondisi sehat dan sempurna atau tidak cacat. Pihaknya memiliki keyakinan bahwa hewan–hewan ternak di Bolmong seperti sapi dan kambing rata-rata sehat. Apalagi, lima tahun terakhir Dispertanak instensif melakukan pemeriksaan dan penanganan hewan ternak.

Dispertanak juga akan berkordinasi dengan berbagai pihak termasuk Pemkab sendiri, panitia kurban maupun perorangan yang memiliki kemampuan berkurban agar semua hewan kurban melewati pemeriksaan.

“Kita yakin, rata-rata hewan ternak di Bolmong khusunya sapi dan kambing berada dalam kondisi sehat. Hal paling mudah mendeteksinya bisa terlihat dari ciri-ciri fisik, di antaranya bulu hewan cukup mengkilap serta tidak berdiri yang menandakan tidak ada penyakit yang diderita hewan tersebut. Selain itu, suhu tubuh hewan ternak juga akan dilakukan pengecekan,” katanya.(irgi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here