Dispertanak Siapkan Pengobatan Ternak

0
258
Dispertanak Siapkan Pengobatan Ternak Kotamobagu
Hardi Mokodompit

ZONA KOTAMOBAGU – Kabar gembira bagi para peternak sapi dan kambing di Kotamobagu. Pasalnya, dalam waktu dekat ini Dinas Pertanian dan Perikanan (Dispertanak) Kotamobagu, akan melakukan pengobatan ternak besar yang ada di empat kecamatan wilayah setempat.

Kepala Dispertanak Koamobagu, Hardi Mokodompit melalui Kabid Perternakan dan Kesehatan Hewan, Abdul Manaf Pudul mengatakan, kesehatan ternak sangatlah penting. Karena jika ternak tidak sehat akan menyebabkan kerugian bagi para peternak. Kerugian itu antaranya, gangguan pertumbuhan (pertambahan berat badan harian rendah), gangguan reproduksi, dan kematian ternak. 

“Pengobatan ternak ini untuk menjaga kesehatan ternak, mulai dari sapi baru lahir (anak sapi) sampai dengan sapi yang sudah desawa,” ungkapnya.

Ia menambahkan, saat ini pun kondisi perubahan musim, banyak ternak besar yang akan sakit “Dengan cuaca yang tidak menentu seperti saat ini juga, kemungkinan besar akan berpengaruh pada kesehatan sapi. Untuk pengobatan ternak, kita akan melakukan vaksinisasi, agar antibody pada ternak akan terbentuk,” pungkasnya.(ads/gito)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here