Home Headline Dispora Perketat Seleksi Paskibraka

Dispora Perketat Seleksi Paskibraka

0
194
Dispora Perketat Seleksi Paskibraka Headline Kotamobagu
Kepal Dispora Kotamobagu, Marham Anas Tungkagi saat memberikan arahan kepada peserta seleksi Paskibraka tingkat sekolah.

ZONA KOTAMOBAGU – Proses seleksi calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tahun ini dilakukan lebih ketat dan transparan. Demikian dikatakan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kotamobagu, Marham Anas Tungkagi, Senin (24/2).

“Seleksi tahun ini lebih ketat dan transparan tanpa nego-nego macam-macam. Tapi harus benar-benar yang terpilih nanti adalah 36 terbaik di Kotamobagu dan dua terbaik untuk tingkat provinsi sampai nasional,” kata Anas.

Lanjutnya, seleksi Paskibraka tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya yang hanya dilaksanakan disatu tempat yakni di lapangan Gelora Ambang. Hal ini bertujuan kata Anas, untuk lebih dekat lagi dengan masyarakat seperti apa seleksi Paskibraka.

“Terutama lebih mendorong kepada para orang tua yang punya putra-putri yang saat ini anak-anak mereka ada di bangku SMP untuk ikut seleksi Paskibraka tahun depan. Ini juga lebih membuka mata masyarakat umum bahwa seleksi Paskibraka dapat dilihat langsung kelebihan dan kekurangan peserta,” sebutnya.

Ia menerangkan, dalam tahap seleksi tingkat sekolah ini, total ada 341 siswa siswi dari 16 sekolah menengah atas (SMA) sederajat di Kotamobagu yang mengikuti proses seleksi Paskibraka. “Sebelum masuk ke tahapan berikut, untuk tingkat Kotamobagu kami panitia akan mengambil sedikitnya 200 peserta yang akan dilaksanakan pada bulan maret berdasarkan hasil seleksi tingkat sekolah. Terutama tinggi badan harus ideal dan itu sesuai Permenpora tentang Paskibraka. Kemudian harus paham PBB secara baik,” ujarnya.

Ditambahkan, peserta seleksi Paskibraka tahun ini lebih banyak dari tahun sebelumnya. Untuk Tahun 2019 kata Anas, hanya 247 peserta yang ikut seleksi awal tingkat sekolah. Tapi tahun ini lebih dari 300 peserta.

“Kalau sudah masuk tahapan seleksi tingkat Kotamobagu, maka akan ada lagi tes tertulis, tes fisik, stamina dan wawancara. Selanjutnya akan masuk ke parade PBB yang lebih detail lagi,” pungkasnya. (gjm)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here