Distanak Bolmong Imbau Petani Jangan Alihkan Fungsi Lahan Sawah

0
253

Distanak Bolmong Imbau Petani Jangan Alihkan Fungsi Lahan Sawah Bolmong

ZONA BOLMONG — Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow melalui Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Bolmong, saat ini terus meningkatan produksi beras dan menambah lahan cetak sawah yang ditargetkan seluas 1000 hektare.

Sekretaris Distanak Bolmong I Ketut Merta mengatakan, cetak sawah ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah produksi swasembada padi di Bolmong.

“Beberapa sawah sudah kami cetak dari tahun 2015 seluas 1880 hektare, ditambah tahun 2016, seluas 1970 hektare.  Untuk  tahun 2017, rencananya akan ditambah lagi 1000 hektare,” ujar Ketut.

Ditambahkan, saat ini Bolmong memiliki luas sawah yang besar sekira luas sawah 26000 lebih. Jika ditambah tahun ini seluas 1000 hektare maka luas sawah menjadi 27.000 hektare lebih,” urai Ketut.

Ia berharap, petani jangan mengalihkan fungsi lahan sawah menjadi lahan tanaman di luar dari padi, agar produksi beras Bolmong cukup. “Lahan sawah jangan di alihfungsikan. Hal ini dipersiapkan untuk mencegah kebutuhan yang ada di Sulawesi Utara,” tutupnya.(gung)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here