Ditilang Polisi, Pengendara Langsung Disidangkan

0
427
Ditilang Polisi, Pengendara Langsung Disidangkan Headline Hukum

Tampak hakim tengah menyidangkan seorang pelanggar lalin (foto: Zulkifli Linggotu)

ZONA HUKRIM – Operasi Zebra pihak Satuan Lalulintas Polres Bolmong yang rutin dilaksanakan sejak Rabu (26/11) pekan lalu, kali ini digelar dengan menggandeng pihak Pengadilan Negeri (PN) Kotamobagu dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Kotamobagu, Kamis (4/12).

Kehadiran pihak Pengadilan dan Kejaksaan pada operasi yang digelar sejak pukul 10.00 Wita bertempat di Jalan Adampe Dolot, Kelurahan Molinow, Kecamatan Kotamobagu Barat tersebut, bertujuan untuk pelaksanaan sidang ditempat bagi para pengendara sepeda motor maupun mobil yang melanggar lalulintas (Lalin).

Sedikitnya 51 pengendara ditilang dan 18 orang langsung disidangkan oleh Hakim Tunggal, Erick I christoffel SH, didampingi Panitera Penganti, Reny Kanal, serta Jaksa Penuntut Umum, Bambang Heru SH.

“Setiap pengendara dikenai sanksi denda bervariasi sesuai pelanggaran lalin yang dilakukan. Sanksi dendanya antara 40 ribu sampai 150 ribu,’ kata Erick, yang juga Humas PN Kotamobagu.

Kasat Lantas Polres bolmong, AKP Yuriko Fernanda SH SIK, saat dikonfirmasi mengatakan, operasi zebra ini dibarengi sidang di tempat, dimaksud agar penguna jalan khususnya pengendara motor dan mobil mematuhi aturan lalulintas.

“Pelangar lalulintas yang terjaring operasi ini, mereka yang tidak membawa surat-surat kendaran seperti, SIM, STNK, pelanggaran kelengkapan berkendara seperti tidak menggunakan helm serta pelanggaran lainnya,” kata Yuriko, seraya menambahkan, sejak tanggal 26 November hingga hari ini, sudah 350 pelangar lalin yang terjaring operasi.(zul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here