DPMD Tunggu Ranperdes APBDes, BPKD Siapkan Surat Kuasa Pemindahbukuan

0
63
DPMD Tunggu Ranperdes APBDes, BPKD Siapkan Surat Kuasa Pemindahbukuan Headline Kotamobagu
Rum Mokoagow

ZONA KOTAMOBAGU – Pencairan 40 Dana Desa (Dandes) tahap I belum bisa dilakukan. Pasalnya, masih ada beberapa syarat sesuai Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 2015/PMK.07/2019 tentang Pengelolaan Dana Desa, yang belum terpenuhi.

Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), Rum Mokoagow, mengatakan berdasarkan PMK Nomor 2015/PMK.07/2019 itu, syarat pencairan Dandes tahap I adalah Peraturan Wali Kota (Perwako) mengenai tata cara pembagian dan penetapan rincian dana desa, Peraturan Desa (Perdes) Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) dan surat kuasa pemindahbukuan.

“Untuk Perwako tentang tata cara pembagian dan penetapan rincian dana desa sudah rampung. Kalau surat kuasa pemindahbukuan itu adalah kewenangan BPKD (Badan Pengelolaan Keuangan Daerah),” katanya.

Untuk Ranperdes APBDes, ia mengungkapkan di tiap desa saat ini sementara merampungkan Ranperdes APBDes. Selanjutnya dokumen tersebut akan dievaluasi untuk ditetapkan menjadi Perdes APBDes. “Kita masih menunggu. Mudah-mudahan secepatnya sudah ada yang rampung, karena setelah itu masih akan dievaluasi lagi baru ditetapkan menjadi Perdes APBDes,” ungkapnya.

Kasubid Pembinaan Keuangan Daerah dan Desa Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD), Adi Mokoagow, mengungkapkan pihaknya sementara merampungkan surat kuasa pemindahbukuan yang menjadi syarat lain mendapatkan Dandes tahap I dari Rekening Kas Umum Negara (RKUN) ke Rekening Kas Desa (RKD) melalui Rekening Kas Umum Daerah (RKUD). Hal itu sesuai Pasal 23 PMK 2015 Tahun 2019.

“Sementara proses. Mudah-mudahan secepatnya selesai, karena salah satu syaratnya juga adalah Ranperdes APBDes. Kalau sudah rampung semua persyaratan, baru proses transfer dari RKUN ke RKD melalui RKD,” ungkap Adi.

Sesuai Pasal 23 PMK 2019 Tahun 2019, Dandes tahap I (40 persen) dicairkan paling cepat Bulan Januari dan paling lambat Juni. Sedangkan tahap II (40 persen) paling cepat Maret dan paling lambat minggu ke-empat Agustus. Untuk tahap III (20 persen), paling cepat Juli dan paling lambat Desember. Dandes yang akan diterima 15 desa tahun ini sebesar Rp22.524.214.000. (gjm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here