DPRD Gelar Paripurna HUT ke-8 Kabupaten Bolmut

0
391
DPRD Gelar Paripurna HUT ke-8 Kabupaten Bolmut Bolmut
Sambutan Bupati Bolmut pada Sidang Paripurna HUT Kabupaten

ZONA BOLMUT – DPRD Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) menggelar sidang paripurna istimewa dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-8 Kabupaten Bolmut. Sidang paripurna tersebut dipimpin Ketua DPRD Bolmut Karel Bangko, didampingi Wakil Ketua, Arman Lumoto dan Salim Bin Abdullah, bertempat di Ruang Sidang DPRD,  Sabtu (23/5).

“Setelah 8 tahun Kabupaten Bolmut berdiri sebagai daerah otonomi dari pemerintahan periode tahun 2007, hingga kini berbagai kemajuan telah dicapai,” ujar Bupati Bolmut, Depri Pontoh dalam sambutannya.

Pontoh mengatakan, kemajuan yang dicapai di antaranya laju pertumbuhan ekonomi berkisar 8,11 sampai 8,48 persen, pendapatan perkapita meningkat secara signifikan, indeks pembangunan manusia (Human Development Index) 72,64 Persen,

“Angka bebas buta aksara target 71,60 persen memenuhi capaian target 71,68 persen, yang artinya masyarakat Bolmut nyaris bebas dari buta huruf. Serta usia harapan hidup (life Expectation) terus naik dari 2009 dengan target 2014 72,12 persen,” kata Pontoh.

Dia lanjut menguraikan, perkembangan jumlah penduduk miskin sejak 5 tahun terakhir cenderung menurun. Tahun 2010 jumlah penduduk miskin sebanyak 10,23 persen atau 7.766 jiwa, hingga tahun 2014 terus menurun hingga mencapai 8,69 persen atau 6.219 jiwa.

“Begitu pun dengan jumlah keluarga pra sejahtera, di tahun 2012 berjumlah 8.002 keluarga, angka ini turun menjadi 7.270 keluarga pada tahun 2013,” kata Pontoh menjelaskan.

Pun demikian, Pontoh mengingatkan semua capaian tersebut hendaknya tidak membuat kita berpuas diri, namun perlu dimaknai bahwa semua yang dicapai merupakan kulminasi gabungan dari sumbangsih dan kerja keras lintas generasi dari para pendiri daerah hingga kini.

Dengannya, Pontoh mengajak semua pihak untuk terus memacu kualitas dan kuantitas pembangunan daerah, kinerja pemerintahan yang efektif dan produktif, kinerja pelayanan publik yang mudah, sederhana dan berpihak pada masyarakat.

“Peringatan HUT ke-8 ini merupakan momentum yang tepat untuk melanjutkan pembangunan dan memperbaharui tekad serta komitmen untuk melangkah bersama dengan terobosan juara,” harap Pontoh.

Sementara itu, sambutan Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Sinyo H. Sarundajang, yang dibacakan Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Provinsi Sulawesi Utara, menyampaikan tujuan utama yang dicapai daerah otonom adalah untuk memperlancar proses pembangunan di daerah.

Dimekarkanya Kabupaten Bolmut dibarengi dengan ekspektasi daerah ini mampu berpartisipasi dalam pembangunan Sulawesi Utara. Bolmut memiliki kekayaan alam, potensi pariwisata dan lain-lain serta ditunjang dengan Sumber daya manusia yang memadai.

Karena itu, Gubernur mengajak seluruh elemen di wilayah Bolmut agar lebih jeli dan tanggap terhadap peluang-peluang untuk mengembangkan potensi yang ada demi kemajuan daerah. Hal itu ditentukan oleh sinergitas antara Pemerintah Daerah dengan masyarakat.

“Akan menjadi tepat peringatan HUT ke-8 ini, semua komponen masyarakat Bolaang Mongondow Utara bersatu dan bekerjasama membangun daerah sesuai dengan tema membangun dari desa menuju masyarakat juara,” ucapnya.

Dalam Sidang Paripurna ini juga dilaksanakan penandatanganan perjanjian kerjasama di bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat antara Pemda Bolmut dengan Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, Universitas Negeri Manado (Unima) dan Universitas Gorontalo.

Sidang Paripurna tersebut dihadiri pimpinan dan anggota DPRD Provinsi Sulut dan DPRD Provinsi Gorontalo, Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi Sulut, Pimpinan Perguruan Tinggi Unsrat Manado, Unima, UNG dan Universitas Gorontalo.

Selanjutnya, pimpinan dan Anggota DPRD setempat, Wakil Bupati Bolmut, Suriansyah Korompot, Sekda Bolmut, Reky Posumah, Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Bolmut, Ketua dan Wakil Ketua TP-PKK, Kepala Satuan Kerja, Ketua DWP, Camat, Sangadi dan Lurah se-Kabupaten Bolmut.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here