DPRD Gelar Paripurna LKPj Bupati Tahun 2019

0
167

DPRD Gelar Paripurna LKPj Bupati Tahun 2019 Advertorial  Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) menggelar paripurna dalam rangka penyampaian rekomendasi Laporan Keterangan Pertanggjungjawaban (LKPJ) Bupati Tahun 2019, Kamis (30/4).

Paripurna dipimpin Ketua DPRD Welty Komaling didampingi Wakil Ketua Sukron Mamonto dan Abdul Kadir Mangkat, serta diikuti para anggota DPRD. Dalam pelaksanaannya, DPRD Bolmong menerapkan physical distancing dan mengenakkan masker sebagaimana protokol pencegahan Covid-19.

DPRD Gelar Paripurna LKPj Bupati Tahun 2019 Advertorial

Ketua DPRD, Welty Komaling, mengatakan LKPj kepala daerah wajib disampaikan ke DPRD paling lambat tiga bulan setelah tahun anggaran berakhir. Hal itu merupakan amanat peraturan perundang-undangan.

“Secara normative, LKPJ memiliki arti penting bagi penyelenggaraan pemerintahan daerah. Hal ini dimaksudkan untuk peningkatan efisien, efektivitas, produktivitas, dan akuntabilitas penyelenggara pemerintah daerah melalui fungsi pengawasan DPRD,” kata Welty.

Ketua Pansus, Supandri Damogalad, mengungkapkan fungsi pengawasan DPRD salah satu wujud dalam bentuk pengawasan terhadap penyelenggaraan urusan pemerintahan yang dilaksanakan Pemda. DPRD dalam melakukan pembahasan LKPJ Bupati mengacu pada Pasal 20 Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2019 tentang laporan dan evaluasi penyelenggaraan Pemerintahan daerah.

DPRD Gelar Paripurna LKPj Bupati Tahun 2019 Advertorial

Lanjutnya, DPRD pada Selasa (22/4) telah membentuk Panitia Khusus (Pansus) guna melakukan pendalaman dan pengkajian LKPj Bupati Tahun 2019. “Selain itu DPRD juga melakukan perumusan rekomendasi sebagai bagian dari keputusan DPRD dalam rangka perbaikan penyelenggaraan Pemerintahan Daerah,” terangnya.

Pansus melahirkan sejumlah rekomendasi atas LPKj Bupati Tahun 2019. Rekomendasi itu dikeluarkan untuk ditindaklanjuti sebagai bahan perbaikan dalam penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Bolaang Mongondow. (guf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here