DPRD Kotamobagu Paripurnakan Perda PBB dan Pilsang

0
315
DPRD Kotamobagu Paripurnakan Perda PBB dan Pilsang Advertorial Kotamobagu
Ketua DPRD Ahmad Sabir. menandatangani berita acara penetapan Perda didampingi Wali Kota Tatong Bara, Wakil Wali Kota Jainudin Damopolii dan Wakil Ketua Dewan Diana Roring

ZONA KOTAMOBAGU – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kotamobagu mengesahkan dua Rancangan Peraturan Daerah menjadi Peraturan Daerah (Perda) dalam sidang paripurna, Senin (29/06).

Perda yang disahkan dalam sidang hari itu masing-masing merupakan inisiatif DPRD dan Eksekutif. Yaitu Perda tentang Pajak Bumi (PBB) dan Bangunan Pedesaan dan Perkotaan, serta Perda tentang Tata Cara Pemilihan Sangadi.

DPRD Kotamobagu Paripurnakan Perda PBB dan Pilsang Advertorial Kotamobagu
Ketua DPRD Kotamobagu menyerahkan berkas berita acara penetapan Perda kepada Wali Kota, Tatong Bara

Sidang tersebut dipimpin Ketua Dewan, Ahmad Sabir dan dihadiri 23 dari 25 anggota DPRD. Turut hadir, Wali Kota Kotamobagu Tatong Bara, Wakil Wali Kota Djainudin Damopolii, Komandan Distrik Militer 1330 Bolmong, Kepala Kepolisian Resort Bolmong, serta jajaran SKPD pemerintah setempat.

Juru bicara Badan Legislasi (Banleg) Anugrah Begie Ch Gobel, mengatakan, ada perubahan yang dilakukan khususnya pada Perda PBB tentang Nilai Jual Objek Pajak Tidak Kena Pajak (NJOPTKP), yang sebelumnya Rp.15 juta menjadi Rp.10 juta.

DPRD Kotamobagu Paripurnakan Perda PBB dan Pilsang Advertorial Kotamobagu
Anugrah Begie Ch Gobel saat Membacakan catatan Banleg DPRD Kotamobagu

“Dan ada yang menjadi catatan penting untuk Perda Tata Cara Pemilihan Sangadi. Jika calon sangadi lebih dari lima, maka perlu dibuat seleksi khusus.” kata Begie.

Sementara itu, Wali Kota Kotamobagu Tatong Bara dalam sambutannya mengatakan, Perda tentang Tata Cara Pemilihan Sangadi sangat penting karena dalam waktu dekat ada 15 Desa yang akan melaksanakan Pemilihan Sangadi secara serentak, “Dan dengan adanya Perda Pilsang ini akan memudahkan pencairan dana desa sebesar Rp 4 milyar,” kata Tatong.

DPRD Kotamobagu Paripurnakan Perda PBB dan Pilsang Advertorial Kotamobagu
Suasana sidang paripurna DPRD Kotamobagu

Lebih lanjut dirinya juga menyatakan rasa terima kasih atas kerjasama DPRD dan Pemerintah Daerah sehingga dalam waktu yang tidak terlalu lama bisa mengesahkan dua Perda sekaligus. “ini menunjukkan bahwa adanya sinergitas atara kedua lembaga untuk mewujudkan kotamobagu ke arah yang lebih baik,” ungkap Tatong.

Reporter: Iswahyudi Masloman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here