DPRD Kotamobagu Terima Petisi Warga Kotobangon dan Moyag

0
308
DPRD Kotamobagu Terima Petisi Warga Kotobangon dan Moyag Kotamobagu
Suasana penyerahan petisi oleh warga

ZONA KOTAMOBAGU – Harapan warga Kelurahan Kotobangon dan Desa Moyag untuk mendapatkan ganti rugi lahan atas poryek pelebaran jalan PT Berlian Aseal Murni, saat ini bergulir di DPRD Kota Kotamobagu. Hal itu menyusul petisi yang diajukan warga kedua wilayah tersebut, Selasa (28/7) pagi.

Ketua DPRD Kota Kotamobagu Ahmad Sabir, usai menerima petisi warga mengatakan, pihaknya akan menindaklanjuti petisi tersebut melalui pengkajian dan pembahasan lewat mekanisme yang ada, “Dengan memanggil semua pihak yang berkepentingan. Dan tentunya dalam pembahasan nanti kita harus tetap mengacu pada regulasi dan koridor hukum yang ada.” kata Sabir.

Anggota DPRD Kotamobagu, Herry Coloay, yang saat itu mendampingi Ketua DPRD saat menerima petisi warga mengatakan, persoalan itu harus diselesaikan agar ada kejelasan atas aspirasi yang masuk. Dirinya pun menilai ada kesalahan dalam identifikasi oleh pemerintah. “Untuk itu semua instansi terkait harus dipanggil hearing untuk menyelesaikan persoalan ini agar tidak ada yang dirugikan,” ujar Coloay menambahkan.

Beberapa anggota DPRD Kotamobagu juga berharap, masuknya petisi warga tersebut dibahas dalam lintas komisi. ”Karena ini ada singkonisasi mitra kerja disetiap komisi yang ada,” terang personel Komisi I Dhani Mokoginta yang juga diiyakan personel komisi III Adrianus Mokoginta.

Sementara itu, perwakilan warga kedua wilayah yang menyerahkan petisi hari itu mengungkapkan, apa yang mereka ajukan murni untuk mendapatkan hak sesuai aturan dan perundang-undangan yang ada, ”Harapan kami sangat jelas, seperti apa yang sudah menjadi putusan dalam lembaran Negara atas proses pelepasan hak warga dalam pelaksanaan proyek pelebaran jalan seperti yang diatur dalam UU dan perpres yang ada,” kata Indra Hifni BSC.

Lanjutnya, mereka selaku pemilik lahan sangat mendukung program pemerintah yang tengah berlangsung, akan tetapi pemerintah juga diminta adil dalam menyikapi persoalan tersebut, “Untuk itu kami meminta kejelasan dari pemerintah melalui petisi atau surat yang kami serahkan di DPRD,” aku Indra yang juga pemilik lahan yang kena dampak pelebaran jalan.

Sejumlah warga  memberi apresiasi kepada DPRD yang menerima petisi untuk ditindaklanjuti. ”Tentunya kami sangat berharap aspirasi ini bisa terwujud agar adanya asas keadilan dari pemerintah dalam menjalankan proses pembangunan yang ada di Kotamobagu.” harap Jufri Jaman yang diiyahkan Herlan Konan dan beberapa warga.

Reporter: Gito Mokoagow

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here