DPRD Telusuri Dugaan Penjualan Lahan HGU Gadasera Bolmong 

0
575
DPRD Telusuri Dugaan Penjualan Lahan HGU Gadasera Bolmong  Bolmong
Welty Komaling

ZONA BOLMONG – Menindaklanjuti laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Bolmong 2014,  Panitia Khusus (Pansus) DPRD Bolmong turun ke lapangan dan mendapati berbagi temuan. Salah satunya adanya indikasi lahan hak guna usaha (HGU) Perusahaan Daerah (PD) Gadasera yang diperjual belikan.

Ketua DPRD Welty Komaling mengatakan, ada laporan terkait lahan HGU yang berlokasi di Desa Labuan Uki Kecamatan Lolak, diperjual belikan dan kini sudah menjadi milik PT Kemindo CAO Resources. ”Kami akan telusuri kebenaran laporan ini. DPRD akan memanggil pihak perusahan dan meminta bukti dokumen status tanah,” kata Welty, Rabu (06/5).

Sebelumnya, kunjungan DPRD ke PT Kemindo CAO Resources selain melihat secara langsung kondisi perusahan, juga meminta dokumen perizinan yang dimiliki perusahan. Karena terbukti, ada beberapa perusahan yang berada di kompleks Pelabuhan Labuan Uki yang beroperasi tanpa mengantongi izin.

“Ternyata ada empat perusahaan yang sudah satu tahun beroperasi tanpa mengantongi izin. Itu sudah kita rekomendasikan ke bupati,” ungkap Welty.

Ketika berdiskusi dengan Tim Pansus DPRD, manajemen PT Kemindo CAO Resources mengaku tanah seluas satu hekatare lebih yang mereka tempati itu, dibeli dari seorang pengusaha dan ada sertifikat kepemilikan.

Reporter: Wiradi Gilalom

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here