Dr Jusnan: Reaktif Rapid Test Bukan Berarti Positif Covid-19

0
361
Dr Jusnan: Reaktif Rapid Test Bukan Berarti Positif Covid-19 Bolmut Headline
dr Jusnan C Mokoginta MARS

ZONA BOLMUT – Juru bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), dr Jusnan C Mokoginta, menepis kabar soal adanya kasus positif corona di Bolmut. Ia menegaskan, informasi tersebut tidak benar alias hoax.

“Untuk membuktikan seseorang positif corona itu harus ada kesimpulan dan diperkuat fakta atau hasil swab,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bolmut itu.

Mengenai sampel yang dikirim ke Makassar, ia mengungkapkan masih berproses baru akan keluar beberapa hari ke depan. “Kita masih menunggu sekitar tujuh hari untuk menyimpulkan hasil swab tersebut,” ungkapnya.

Soal rapid test atau tes cepat, ia menjelaskan hasilnya adalah reaktif dan non reaktif. Bila hasil tes dinyatakan reaktif, bukan berarti orang atau pasien yang bersangkutan sudah dinyatakan positif. “Hasil rapid test hanya reaktif. Bukan berarti itu positif. Untuk memastikan pasien positif Covid-19, harus ada hasil swab. Jadi masyarakat kita harap untuk tidak berspekulasi mengenai informasi yang tidak jelas kebenarannya. Tunggu saja informasi resmi dari Pemda Bolmut,” katanya. (rendi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here