Drainase Desa Molobog Buruk

0
380
Drainase Desa Molobog Buruk Boltim
F: Ilustrasi

ZONA BOLTIM – Meski hanya diguyur hujan dalam waktu yang tidak terlalu lama, drainase yang ada didesa Molobog Kecamatan Nuangan Kabupaten Bolmong Timur langsung meluap. Akibatnya, air setinggi 30 CM menggenangi badan jalan.

Warga setempat, Fendra Mamonto mengatakan, tiap kali hujan turun, air langsung merembet ke jalan yang disertai dengan material. “Drainase sangat buruk. Lihat saja ini, baru diguyur hujan dalam waktu yang tidak terlalu lama, air langsung naik badan jalan, bahkan nyaris masuk kerumah-rumah warga. Setelah hujan redah, pasti material yang terbawa arus air berhamburan dijalanan dan ini sangat membahayakan pengguna jalan,” kata Fendra, kemarin.

Lanjut Fendra, Jalan yang memadai harus ditunjang dengan drainase yang baik juga, sehingga kerusakan jalan tidak akan terjadi dalam waktu dekat. “Apa gunanya jalan mulus tapi drainase buruk. Kedepan diharapkan agar pemerintah daerah melalui dinas terkait bisa memperhatikan hal ini, khususnya normalisasi sungai dan perbaikan drainase,” ujar Fendra.

Sebelumnya, kepala dinas PU Minderd Mawu St mengatakan, untuk perbaikan drainase akan diprioritaskan ditahun 2014 ini. “Anggarannya sudah siap, jadi tak hanya drainase saja, tapi perbaikan jalan kebun maupun jalan desa, pengadaan air bersih, serta kepentingan publik lainnya akan menjadi skala prioritas ditahun ini,” kata Minderd, pekan kemarin.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here