Dua Daerah di Provinsi Gorontalo Belajar Perda Pengelolaan Sampah di Kotamobagu

0
148
Dua Daerah di Provinsi Gorontalo Belajar Perda Pengelolaan Sampah di Kotamobagu Headline Kotamobagu
Rombongan anggota DPRD dari Kabupaten Pohuwato dan Kota Gorontalo foto bersama saat berada di Kantor DLH Kotamobagu.

ZONA KOTAMOBAGU – Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kabupaten Pohuwato dan DPRD Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo, melakukan kunjungan kerja dalam rangka study komparasi di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kotamobagu, Kamis (16/1).

“Kami datang untuk study komprasi tentang Pengelolaan sampah di Kotamobagu. Sebab kami tau persis, di Provinsi Sulawesi Utara itu daerah yang mendapatkan adipura berturut-turut adalah Kota kotamobagu,” ungkap Deni Nento, Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Pohuwato.

Lanjut Deni, pihaknya akan menerapkan beberapa kebijakan dan poin yang didapat dari study tersebut. “Diantaranya Perda tentang penerapan 1×24 jam, dari pukul enam pagi hingga pukul enam sore. Nah, di Pohuwato belum diterapkan seperti. Itu yang kita tiru di sini,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala DLH Irawan Ginoga, mengaku bangga dengan adanya study dari Kabupaten Pohuwato dan Kota Gorontalo. Menurutnya, itu menunjukan bahwa Kota Kotamobagu saat ini menjadi cermin daerah lain dalam pengelolaan persampahan yang baik. “Tentu kita patut berbangga dengan adanya kunjungan dua DPRD dari provinsi gorontalo. Tidak lain mereka menanyakan apa resep bagaimana Kota Kotamobagu bisa meraih adipura secara berturut-turut,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Bambang mengatakan bahwa diraihnya adipura karena semua tugas sudah dibagi oleh Wali Kota di titik pantau masing-masing. Kedua Kotamobagu punya TPA dan armada yang sangat memadai, petugas kebersihan yang cukup serta tempat-tempat pengomposan. “Nah, itu yang Ibu Wali Kota melalui DLH sudah kerjakan, sehingga tidak heran mengapa kotamobagu bisa meraih adipura secara berturut-turut. Itu yang kami coba sampaikan kepada DPRD Gorontalo dan Pohuwato sehingga nantinya akan juga diterapkan di daerah mereka,” pungkasnya. (gjm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here