Dua Terdakwa Curanmor Dituntut 4 Tahun Penjara

0
531
Dua Terdakwa Curanmor Dituntut 4 Tahun Penjara Hukum
Suasana sidang terdakwa Yani dan Candri di PN Kotamobagu

ZONA HUKRIM – Yani Pobela (26) warga Tudu Aog dan Candri Mokodompit (25) warga Dondomon, dua terdakwa kasus pencurian kendaraan bermotor yang terjadi di Desa Wherdi Agung beberapa bulan lalu, menjalani sidang dengan agenda tuntutan di Pengadilan Negeri (PN) Kotamobagu, Selasa (23/12) pukul 15.00 Wita.

Sidang sore itu, diketuai Majelis Hakim Nur Dewi Sundari, dengan mengagendakan pembacaan tuntutan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Yoga Pratomo SH.

Dalam surat tuntutan nomor register PDM-129/KBGU/09/2014, JPU menyatakan kedua terdakwa terbukti bersalah melakukan tindak pidana pencurian sebagaimana diatur dalam pasal 363 ayat (1) ke 3 dan ke 4 KUHPidana. Dengannya, JPU menuntut kedua terdakwa 4 tahun pidana penjara.

Kedua terdakwa yang mengenakan kemeja lengan panjang wana putih tersebut, tampak duduk termenung mendengar tuntutan yang dijatuhkan kepada mereka.

Usai mendegar tuntutan JPU, sidang kemudian ditunda majelis hakim dengan mengagendakan sidang pembelaan terdakwa pada Selasa (30/12) pekan depan.

Sebagaimana yang diuraikan dalam tuntutan JPU, Aksi terdakwa Yani dan Candri ini terjadi tanggal 21 juli 2014. Bermula saat keduannya berboncengan dengan sepeda motor menuju wilayah Dumoga. Sesampai di Desa Werdhi Agung Timur, keduanya melihat satu unit motor Honda Revo terparkir di teras rumah warga. Yani kemudian mendekati motor tersebut sementara Candri memantau suasana sekitar.

Terdakwa Yani kemudian dengan mudah mendorong motor milik warga yang memang dalam kondisi stang setirnya tak terkunci. Sekitar 20 meter mendorong motor, Yani kemudian mencabut soket kunci dan menghidupkan motor curian itu dan membawanya kabur. Aksi keduanya berakhir saat tertangkap polisi dalam upaya menjual motor tersebut di Desa Insil.(zul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here